ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 Juli 2006, 15:07

Sementara, ITS Sabet Tiga Gelar Juara Pimnas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pada Pimnas XIX kali ini, ITS mencatat prestasi mengagumkan. Bukan hanya karena stan yang besar, serta menarik tapi juga karena prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. Untuk sementara, dari lima lomba yang hasilnya telah diumumkan, ITS mampu membawa tiga gelar juara.

Karya dari Yunardho Fortana yang berjudul "Pendidikan Akhirat" ini mampu membuat juri terpesona dan berhasil membawa ITS meraih gelar juara I bidang Fotografi.

Foto karya mahasiswa Teknik Elektro ITS ini menggambarkan seorang anak laki-laki memakai peci dan berbusana muslim sedang diajari mengaji oleh seorang dewasa, dalam kegelapan yang hanya diterangi cahaya lilin.

Prestasi Bondan Gail Saputra juga tidak kalah kalah. Karyanya mendapat juara I pada kategori Karikatur. Karya mahasiswa Desain Produk ITS ini menggambarkan seorang anak SD yang menghadapi masalah pendidikan.

Anak tersebut digambarkan dihadapkan pada jalan berliku yang terbuat dari berlembar-lembar uang kertas Indonesia yang tujuan akhirnya adalah sebuah sekolah . Karya yang berjudul "Labirin" ini menggambarkan pendidikan di Indonesia yang semakin lama semakin mahal.

Pada kategori Poster non PKM, karya dengan judul "Lihat Lebih Dekat" katya Ratna Amalia berhasil meraih gelar juara II. Dalam poster ini digambarkan seorang anak perempuan dengan memakai pakaian lusuh dan rambut acak-acakan, yang duduk tangga sebuah jembatan penyebrangan. Di dekat anak itu digambarkan seorang wanita yang cukup mampu dengan berpakaian rapi sedang melewatinya. Dituliskan bahwa anak perempuan tersebut putus sekolah.

Ratna Amalia kiranya ingin menggugah hati kita. Mengapa kita hanya diam dan kadang hanya melewatinya saja. Jika melihat lebih dekat, cukup banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita.

Untuk lomba lainnya seperti Program Kreativitas Mahasiswa, keputusan pemenang baru akan diumumkan pada tanggal 29 Juli nanti. Diharapkan ITS juga membawa prestasi yang cukup membanggakan dari lomba tersebut. Dan berhasil mempertahankan gelar juaranya pada Pimnas XIX kali ini.(m3/rif).

Berita Terkait