ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
03 Desember 2019, 22:12

Berlari Sekaligus Beramal Lewat Showerun

Oleh : | | Source : ITS Online

Pemotongan pita oleh President SPE ITS SC, Ferrel Hamonangan

Surabaya, ITS News – Society of Petroleum Engineers (SPE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar Petroleum Integrated Days (Petrolida) untuk kali kedelapan. Helatan tahunan ini dibuka dengan Showerun, kompetisi lari sekaligus amal yang dibuka untuk umum. Acara yang bertajuk Splash for Fund ini bertempat di Delta Plaza Surabaya, Minggu (1/12) lalu.

Showerun merupakan salah satu dari rangkaian acara kompetisi terbesar berskala internasional yang diadakan SPE ITS, yakni Petrolida 2020. Menjadi acara pembuka, Showerun akan disusul dengan acara lain seperti Paper Competition, Oil Rig Design Competition, Fracture Fluid Design Competition, Petrosmart Competition, Stock Trading Competition, serta kompetisi anyarnya yakni Case Study Competition. Seusai serangkaian acara tersebut, akan ada pula City Tour beserta Gala Dinner untuk peserta.

Daniel Parsaoran, koordinator Showerun, mengatakan bahwa dalam Showerun peserta tidak hanya berlari, namun juga dapat beramal sekaligus bersenang-senang karena konsep lari yang tak biasa. “Konsepnya, kami (panitia, red) ingin mengadakan acara amal yang tidak melupakan unsur kesehatan dan fun nya. Maka jadilah Showerun yang berarti Splash for Fund,” tuturnya antusias.

Daniel menambahkan bahwa kompetisi lari lima kilometer ini diikuti sebanyak 300 peserta yang berlari melalui rute yang telah ditentukan panitia dengan garis mulai dan berakhir di parkiran timur Delta Plaza Surabaya. Unsur fun disini berasal dari konsep perang air yang diinisiasi panitia.

“Sebelum berlari, peserta mendapat race kit berisi tas serut, gelang karet, nomor dada untuk lari, kaos, dan mainan pistol air. Pistol air itu menjadi senjata untuk perang air,” bebernya.

Sebelum mencapai garis akhir, Daniel menyebutkan, peserta yang berlari melewati jalan raya Delta Plaza Surabaya juga akan disambut dengan siraman-siraman air dari mobil tangki air yang telah disediakan panitia. Tak ayal banyak peserta yang basah kuyup usai berlari.

Sembari relaksasi dan beristirahat setelah berlari, peserta juga dapat mengunjungi tenda kesehatan dan pemeriksaan gigi. Di sana, peserta dicek kesehatannya mulai dari tensi, gula darah, serta kesehatan gigi secara gratis.

Peserta yang sedang dicek tensinya di tenda medical check up.

“Untuk pemeriksaan kesehatan dan gigi, kami (panitia, red) bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (Unair),” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Sipil ini.

Keseruan acara nyatanya tak berhenti di situ. Adik-adik dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya turut hadir dan menghibur peserta lewat performanya di atas panggung. Membawakan tiga lagu berturut-turut, performa adik-adik dari YPAC ini berhasil menyentuh hati penontonnya.

Acara kemudian disambung dengan penyerahan donasi dari panitia kepada YPAC Surabaya. “Kami berharap acara Showerun ini dapat meningkatkan kepedulian kita untuk teman-teman difabel kita,” pungkas Daniel. (ra/id)

Penyerahan donasi oleh panitia kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya.

Berita Terkait