ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Agustus 2006, 12:08

Pelatihan Mentor ITS Dilengkapi Simulasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menyadari pentingnya peran mentoring dalam kehidupan di Kampus ITS, BPM telah menyiapkan para ujung tombaknya untuk menjaga peran tersebut agar sesuai dan lebih optimal memberikan manfaat. Usaha ini berupa pelatihan dengan nama Pra Training for Mentor (Pra TFM) yang diadakan di kampus Teknik Informatika ITS.

Pra TFM 2006 sudah berjalan tiga hari, sejak Sabtu (12/8). Selama itu, para peserta mendapatkan materi yang difokuskan pada standar yang di buku Mentoring ITS dan cara manajemen kelompok. Selain itu, Acara ini juga dilengkapi dengan Simulasi, yang mana memposisikan para peserta sebagai Mentor.

Tahap ini dilaksanakan dua kali. Selama Simulasi pertama, Minggu (13/8), peserta dinilai kreativitas mereka menyampaikan materi, adab membuka dan menutup majlis, hingga gaya tubuh saat menyampaikan materi. Usai simulasi ini, diadakan koreksi bersama sebagai pelajaran dari pengalaman mereka sendiri.

Salah satu koreksi diberikan oleh Nando, Sekretaris Umum BPM tahun 2004-2005. "Biasanya pada suatu majlis, waktu yang paling krusial adalah empat menit pertama. Jika saat itu berhasil menarik para pendengar, penyampaian materi dan agenda selanjutnya akan efektif berjalan. Makannya perhatikan kesan pertama, termasuk gaya tubuh dan cara berpakaian, " ungkapnya mengomentari proses simulasi tersebut.

Effendi, Sekretaris Umum JMMI 2004-2005 lebih menekankan pada kehidupan sehari-hari mentor itu sendiri saat forum koreksi Simulasi bersama. "Sadari bahwa acara penyampian materi itu, paling lama hanya dua jam. Jangan kira mentee (para pendengar – red) tidak memperhatikan mentornya di luar jam tersebut, justru waktu-waktu ini yang lebih berkesan bagi mereka. Karena itu, penjagaan diri dan komunikasi juga penting. Hal ini mempengaruhi kredibilitas mentor tersebut di mata menteenya," jelas Effendi.

Simulasi yang ke dua berjalan di hari esoknya, Senin (14/8). Poin-poin pernilaian sama dengan yang pertama. Bedanya pada yang kedua ini, dilihat perubahan yang terjadi. Penilaian di Simulasi ini dan keaktifan dalam mengikuti acara juga menjadi poin-poin seleksi Mentor, selain dua tahap sebelumnya (tes tulis dan wawancara). Mentor yang lulus akan diundang menghadiri TFM pada awal September 2006.

Acara BPM ini bisa terbilang dilaksanakan sangat dini. Karena dilakukan sebelum kegiatan perkuliahan bahkan perwalian di semester ganjil 2006. Tetapi Jangan salah sangka, pihak BPM menganggap acara ini termasuk telat . "Idealnya acara ini dilakukan semester genap kemarin, " ungkap Ihya, selaku Direktur Umum.

Menurut Mahasiswa Teknik Fisika ini, Pra TFM termasuk tahap persiapan untuk pelaksanaan mentoring di semester ganjil selanjutnya. Dan persiapan itu sudah di program di semester genap sebelumnya, mulai dari pendaftaran calon mentor, seleksi tulis dan lisan, hingga pelatihan khusus untuk calon mentor yang baru.(mac/rif)

Berita Terkait