ITS News

Sabtu, 28 September 2024
12 Agustus 2006, 14:08

ITS Bergegas di LKTM-LH

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selama dua hari, sejak hari Jumat kemaren (11/6), BEM bersama Bagian Kemahasiswaan mengadakan Pelatihan Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bidang Lingkungan Hidup (LKTM-LH). Pelatihan Karya tulis memang sudah berjalan tiap tahun. Namun untuk Tahun 2006, Pelatihan di bidang ini dikhususkan. Selain karena lombanya langsung tingkat Nasional, ITS-lah yang menjadi tuan rumah untuk presentasi para finalis tengah September mendatang.

Pelatihan ini mempersiapkan Mahasiswa untuk berpartisipasi di LKTM-LH. Mahasiswa seluruh angkatan dan jurusan berkesempatan mengikuti lomba ini. "Ada peserta yang Angkatan 2002," terang Alvian, Mahasiswa Elektro Angkatan 2005 selaku ketua Panitia.

Pelatihan yang diberikan berupa pedoman umum bagimana menulis Karya Tulis untuk lomba ini, seperti bagaimana menulis Daftar Pusataka, Sistematika penulisan, hingga tata letak. Selain itu peserta diberi gambaran Kriteria penilaian baik untuk Karya tulis ataupun cara mempresentasikannya.

Bukan hanya itu, lebih penting lagi acara ini bertujuan memperkenalkan mahasiswa dengan pembimbingnya, bagi yang ingin mengikuti lomba ini. Karena itu, seluruh peserta pelatihan ini harus sudah siap dengan karya tulisnya masing-masing untuk dikonsultasikan.

Lomba bidang Lingkungan hidup (LH) memang berbeda dengan bidang lainnya. Bidang ini termasuk Lomba Karya Tulis non-eksperimental, selain Seni dan Presentasi Pemikiran Kritis Mahasiswa (PPKM, berupa presentasi kritik, saran, atau solusi pada pemerintah).

Oleh DIKTI, ketiga bidang ini ditentukan langsung dilombakan pada tingkat nasional. Sehingga lomba di bidang LH, Seni, dan PPKM tidak akan berlanjut pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) sebagaimana bidang-bidang yang lain.

Melalui Depertemen Riset dan Teknologi (Ristek), BEM akan mengadakan Program semacam ini untuk bidang lainnya. Chasby, Mentri Ristek BEM menjelaskan, "Kami juga akan mengadakan pelatihan Karya Tulis lainya dan memberikan info Lomba-lomba yang diadakan oleh Dikti, seperti untuk PPKM, LKTM, ataupun PKM (Program Kreativitas Mahasiswa-Red)," jelas Chasby. Dengan ini, diharapkan Mahasiswa -khususnya Maba- lebih siap dan mengetahui arah serta bidang prestasi yang ingin diraihnya.

Sebanyak 42 peserta siap mengikuti lomba ini. Mereka semua tercatat sebagai peserta pelatihan LKTM-LH. Tapi jangan salah, Mahasiswa yang tidak mengikuti pelatihan ini, masih bisa berpartisipasi dengan mengumpulkan karyanya sebelum hari Jumat (25/8) ke BAAK.(mac/rif)

Berita Terkait