ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Agustus 2006, 17:08

ITS Berharap 2007 Sampaikan Laporan Keuangan ke Publik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

“Kini paling sulit ke arah sana adalah melakukan pendataan aset, mengingat dalam laporan keuangan nanti semua aset harus sudah jelas kepemilikannya. ITS sudah melakukan dan mendata aset-aset itu, tinggal selangkah lagi ke arah pemeriksaan akuntan publik,” katanya.

Dalam pengarahannya Nuh menjelaskan fungsi dari internal audit yang di ITS baru berusia sekitar tiga tahun. Dikatakannya, ada tiga hal yang ingin dicapai dalam kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini, pertama, berkait dengan upaya untuk meningkatkan kapasitas individu maupun sistem. ”Melalui pelatihan semacam ini diharapkan mereka yang bertugas menjadi auditor akan makin memiliki keterampilan didalam membaca dan menganalisis laporan, termasuk bagaimana sistem itu seharusnya dijalankan,” katanya.

Kedua, katanya menambahkan, berkait dengan keinginan ITS untuk mensertifikasi mereka yang bertugas sebagai auditor, memiliki sertifikasi profesi internal auditor. ”Karena itu kalau selama ini mungkin mereka yang memberikan pelatihan ini dari dalam, maka sekarang dan ke depan sudah mulai dilakukan dan diberikan oleh mereka yang berada di luar. Tujuannya agar didalam memperoleh sertifikasi profesi internal auditor akan lebih mudah, karena sudah mengetahui sisitem yang diterapkan,” katanya.

Sedang ketiga, lanjut Nuh, upaya didalam memahami paradigma perubahan yang berkembang didalam kerja internal auditor. ”Kalau sebelumnya internal auditor itu bertugas hanya sebagai pengawas atau siapa yang perlu mereka awasi, kini paradigmanya berubah dan bergesar, ikut bersama-sama dalam proses dari apa yang sedang dijalankan sekaligus melakukan pengawasan,” katanya.

Perubahan paradigma internal auditor ini sepertinya, jelas Nuh, memang akan lebih efektif, membuat kerja lebih nyaman, karena secara bersama-sama melakukan pengawasan, tidak lagi siapa yang bekerja dan siapa yang diawasi. ”Tapi tentang pola atau paradigma mana yang dipilih sangat bergantung dari keinginan kita bersama. Tapi bagi ITS ke depan adalah bagaimana proses pengawasan bisa dilakukan dengan lebih baik,” katanya.

Pelatihan selama dua hari ini diikuti oleh 29 peserta baik dari anggota internal auditor maupun dari beberapa jurusan yang ada di ITS. Sedang nara sumber yang dipercaya kali ini dari Insektorat Jenderal Depdiknas Jakarta. (Humas/bch)

Berita Terkait