ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
03 Januari 2020, 21:01

Murni Rachmawati Siap Pimpin FTSPK

Oleh : itsmeg | | Source : ITS Online

Dr Ir Murni Rachmawati MT selaku dekan FTSPK saat ditemui di ruang kerjanya

Kampus ITS, ITS News — Awal tahun 2020, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi mengukuhkan jajaran pejabat barunya. Diamanahi menjadi Dekan Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK),  Dr Ir Murni Rachmawati MT siap mengemban tugas untuk memimpin FTSPK dengan baik. 

Murni, sapaan akrabnya mengungkapkan, FTSPK bukanlah fakultas yang berisikan departemen baru, namun merupakan hasil dari perampingan fakultas yang ada. Melalui penyesuaian rumpun dan bidang ilmu, terbentuklah fakultas yang didalamnya terdapat Departemen Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika.

Dengan adanya penyesuaian ini, kolaborasi antar disiplin ilmu lebih mudah dan inovasi baru akan tercipta. Murni mengatakan, di masa depan, suatu departemen tidak hanya berkutat pada bidangnya sendiri. Kesempatan untuk bergabung dengan departemen lain akan terbuka lebar. Selain itu, perampingan fakultas akan berdampak pada administrasi. “Kedepannya administrasinya akan lebih ringkas dan efisien,” tambah Murni saat ditemui di ruang kerjanya.

Ketika ditanya persiapannya, ibu empat anak ini mengaku masih dalam proses belajar. Saat ini, Murni mengumpulkan masalah yang harus diperbaiki, juga membuat daftar keberhasilan yang perlu ditingkatkan. “Sesuai arahan utama dari rektor, salah satu fokus saat ini adalah meningkatkan jumlah SDM karena kurangnya jumlah profesor dan doktor yang ada,” jelas Murni.

Ditanyai perihal visi, ia ingin menjadikan FTSPK bagian dari perguruan tinggi dengan reputasi internasional, utamanya terkait industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan. Sedangkan untuk misinya, dengan cara memfokuskan kontribusi dari FTSPK untuk kesejahteraan masyarakat yang berasaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Tujuan utama dari visi FTSPK adalah menguatkan dan selaras dengan visi ITS yang diterapkan pada lingkup fakultas,” ungkapnya. 

Diakui Murni, ia berupaya meningkatkan kerja sama dan aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara kualitatif maupun kuantitatif sesuai keunikan dari tiap departemen. Kemudian, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan pelayanan prima kepada masyarakat. “Saya juga akan memastikan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan berjalan secara berkelanjutan di FTSPK,” lanjutnya.

Tak tanggung-tanggung, selain mengembangkan fokus yang sejalan dengan tugas dan fungsi fakultas, Ia pun ingin meningkatkan lagi nilai integritas. “Sebagai pegawai negeri kita harus punya integritas, saya yakin semuanya sudah mengerti dan akan ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (meg/hen) 

Berita Terkait