ITS News

Sabtu, 28 September 2024
11 September 2006, 07:09

Wisuda Studi Vokasional Layaknya Sarjana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Senyum para mahasiswa program studi vokasional D1 ITS telah mengembang sejak pagi. Hari ini (9/9) mereka akan diwisuda karena telah lulus dari pendidiakan yang wajib ditempuh selama satu tahun itu. Bertemu dengan teman dan mengungkapkan rasa kangen dengan tertawa menjadi pemandangan biasa di Graha Sepuluh Nopember ITS pagi itu.

Sebanyak delapan studi vokasional melaksanakan wisuda bagi mahasiswa tahun ajaran 2005/2006 secara berbarengan. Tentu saja prosesi wisuda dijadwalkan sesuai dengan program pendidikan yang diambil. Mahasiswa PAPSI dipanggil pada urutan awal, selanjutnya secara berurutan mahasiswa PIKSI, PRODES, PATM 1, BROADCAST, PASTI, dan yang terakhir PIKTI.

Untuk membedakan, mahasiswa dari masing-masing studi mengenakan toga dengan warna yang berbeda. Contoh mahassiswa PRODES yang mengenakan toga dengan aksen warna hijau muda, sedikit berbeda, mahasiswa PIKTI mengenakan toga dengan aksen hijau tua.

Menunggu gilirannya dipanggil para mahasiswa tidak lantas duduk dan diam menyaksikan jalannya prosesi wisuda, sebagian dari mereka memilih berbicara dan membaca. Behakan tidak sedikit diantara mereka mencopot dan mengipaskan topinya karena panasnya hawa di Graha.

Meskipun panas tapi itu tidak menghilangkan raut muka ceria dari masing-masing wisudawan, semangat mereka kembali muncul ketika nama-nama mereka mulai dipanggil.

Sementara di dalam Graha masih terjadi prosesi wisuda, suasana di luar Graha tampak sibuk. Terlihat beberapa stan foto kilat dipasang dengan latar yang dapat dipilih. Para fotografer profesional pun turun untuk mengabadikan acara ini.

Selain stan foto kilat, tampak pula di luar Graha stan dari masing-masing studi yang sibuk mempersilahkan para undangan untuk masuk. Ditanya mengenai jumlah lulusan, setiap stan studi mempunyai jawaban yang hampir senada, mengalami penurunan dari tahun kemarin.

Sebut saja PASTI, sebanyak 223 mahasiswanya lulus tahun ini, sedangkan tahun kemarin PASTI meluluskan 230 lebih mahasiswanya. Begitu juga dengan PIKTI yang tahun ini hanya meluluskan 317 orang mahasiswanya.

Beberapa mahasiswa sempat elaontarkan pendapatnya mengenai program studi vokasional D1 di ITS. Sebut saja Eko Riyadi, mahasiswa PRODES ini mengaku senang telah melaksanakan studi di ITS. Mahasiswa asal Pati ini juga merasakan banyak manfaat dari pendidikan animasi yang digelutinya. ”PRODES juga memberikan saya banyak teman dan koneksi”, ujarnya mantap.

Senada dengan Eko, Alya Fahrani, salah satu mahasiswa PAPSI mengatakan bahwa proses belajarnya selama satu tahun di ITS mampu memberikan dia banyak pengalaman. ”Pokoknya PAPSI top abis!” ujar Alya mengakhiri obrolan. (ap/rif)

Berita Terkait