ITS News

Sabtu, 28 September 2024
16 September 2006, 08:09

Persiapan Lomba Nasional, Datangkan Pelatih Lulusan Singapura

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kompetisi Paduan Suara Nasional ini, rencananya akan diadakan di Universitas Indonesia (Kampus UI Depok) selama tiga hari, mulai Rabu (20/9) depan. Kompetisi ini sendiri diadakan sebagai rangakaian peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. Tim PSM ITS sendiri rencananya akan berangkat pada Selasa (19/9) depan.

Di kompetisi ini, PSM ITS menargetkan bisa masuk hingga babak Final. “Dari lima belas peserta keseluruhan, nantinya akan diambil enam tim yang masuk babak final," ungkap Rulli sekretaris PSM ITS sekaligus penanggung jawab tim dalam kompetisi ini.

Untuk saingan yang akan dihadapi, Rulli mengaku belum bisa bercerita banyak. “Tapi kemungkinan lawan terberat dari ITB,” terangnya.

Dalam lomba ini tiap tim harus membawakan lagu wajib, yaitu lagu Bangun Pemudi Pemuda dan lagu pilihan yang juga merupakan lagu-lagu kebangsaan. Tim PSM ITS sendiri akan memmbawakan lagu pilihan Nyiur Hijau. Untuk penilaian, di kompetisi ini yang akan dinilai adalah koreografi dan teknik vokalnya. "Sedangkan jurinya masih dirahasiakan," ungkap Rulli.

Persiapan PSM ITS bisa terbilang singkat. Tawaran untuk berkompetisi baru diterima oleh pihak PSM ITS pada 3 Sepetember lalu. Mereka puna harus mengatur jadwal di tengah kesibukan kuliah.

Meski terhitung singkat PSM ITS tidak main-main dalam mempersiapkan diri. Sebagai pelatih, didatangkan pelatih paduan suara Richard Awui, yang merupakan lulusan pendidikan musik di Singapura.

Dengan pelatih yang memiliki dasar ilmu musik ini, diharapkan bisa meningkatkan prestasi dan kualitas PSM ITS. "Apalagi Ko Richard ini merupakan putra dari pengarang lagu wajib dalam lomba nanti," terang mahasiswi berkaca mata ini.

Tim yang akan diberangkatkan ini, akan terdiri atas 20 penyanyi, satu pemain piano, satu dirijen dan dua official. "Kami memilih sebagian dari yang sudah memiliki pengalaman mengikuti kompetisi sebelumnya," mahasiswi jurusan Biologi ini.

Untuk memperiapkan diri, mereka juga rutin melakukan latihan setiap hari di Theater B ITS. "Selain latihan untuk persiapan kompetisi ini kami juga latihan untuk wisuda,” ungkap Rulli. Untuk wisuda, paduan Suara ITS memang selalu menjadi pengisi acara dalam wisuda di ITS, tak terkecuali wisuda hari ini (16/9) dan besuk (17/9).

Karena singkatnya waktu persiapan, tim PSM mengaku menghadapi berbagai kendala. Salah satu adalah masalah dana."Untungnya kami mendapat banyak bantuan, salah satunya dari IKOMA". Rulli menyebut singkatnya waktu menjadi kendala untuk mencari sponsor.

"Kami juga mendapat dukungan semangat dari PR III," terangnya. Pihak Rektorat sangat mendukung, karena di kompetisi ini tim Paduan suara kembali mengusung misi mengangkat nama baik ITS.(rif/rin)

Berita Terkait