ITS News

Sabtu, 28 September 2024
01 Oktober 2006, 12:10

Kiat Cantik ala Ratih Sanggarwati

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dihadapan ratusan peserta talkshow,  Ratih Sanggarwati mengatakan penampilan seoarang wanita sangat penting. Semua orang, menurut Ratih, tampilan fisik yang tampak pertama kali selalu  menjadi penilaian awal seseorang.  "Selanjutnya, yang dilihat adalah inner beauty yang akan terpancar dengan sendirinya. Beberapa faktor inner beauty misalnya ramah, berakhlaq baik, dan cerdas," imbuh wanita kelahiran 8 Desember 1962 ini.

Ratih menganjurkan para muslimah untuk tetap menjaga kecantikannya meski banyak beraktivitas. Dikatakan Ratih, kecantikan memang tidak selalu ditempuh dengan memakai tata rias. "Cantik tidak hanya dilihat dari segi itu. Ya, minimal jika dilihat dari fisik, cantik itu sehat, bersih dan terawat. Ini merupakan cara bagaimana kita menyenangkan orang lain," kata wanita yang kala itu menggunakan jilbab hitam berbalut kerudung hijau.

Selain itu, meski pernah menjadi peragawati yang sudah seringkali tampil di televisi, Ratih justru  menganjurkan muslimah juga menjauhi tontonan yang bersifat infotainment. "Malu dong, masa orang islam nonton infotainment melulu. Lebih baik waktu kita gunakan untuk hal yang bermanfaat," saran pemilik butik Sang Sakinah.

Sementara itu, pembicara lain, dr Rita Pane, memaparkan kecantikan lebih dipandang dari akhlaknya karena ini merupakan standart kecantikan. "Memang awalnya cantik itu dilihat penampilan, tapi ketika sekejap sudah berinteraksi, maka kita akan tahu dia memang cantik atau tidak," tegas Rita.

Namun, untuk muslimah, Rita mengatakan jangan sampai tidak memperdulikan penampilan. "Jangan mentang-mentang sudah pakai jilbab, nggak mau merawat dirinya, malah merusak kulit. Ini yang salah karena tidak mensyukuri dan menjaga apa yang diberikanNya," komentarnya. Selain itu, Rita juga menganjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat serta membiasakan diri berolah fisik sejak dini.

Acara yang dihadiri lebih dari 150 peserta ini digelar Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) dalam rangka Ramadhan di Kampus (RDK 27) sekaligus Dies natalis ITS yang ke 46. Di sela-sela pemaparan tentang kecantikan, pembicara utama, Ratih Sanggarwati didaulat salah satu peserta membacakan puisi. Ratih memang telah menerbitkan buku berjudul kumpulan puisi hati Ratih Sanggarwati.

‘Bila ibu boleh memilih, maka ibu akan lebih senang untuk mengandung dan berjuang melahirkanmu, hidup memang sebuah pilihan’. Begitu bunyi penggalan puisi panjang yang dibacakan Ratih Sanggarwati.  sebagian besar peserta yang umumnya adalah ibu-ibu Dharma Wanita ITS dan mahasiswi ini terhanyut dalam lantunan puisi. Bahkan, ada beberapa yang sembari mengucurkan air mata. (th@/asa)

Berita Terkait