ITS News

Sabtu, 28 September 2024
12 Oktober 2006, 10:10

Rektor dan Mahasiswa Asing Buka Bersama

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pertemuan semacam ini memang baru pertama kali diadakan, tapi kami akan berupaya untuk mengadakan lagi di waktu-waktu mendatang," ujar Prof Nuh didampingi Pembantu Rektor (PR) I Prof Ir Noor Endah MSc, PhD dan sejumlah dekan di ITS.

Menurut rektor, pertemuan yang dilakukan akan dapat mempererat semangat kekeluargaan. "Kalian kuliah di sini, maka kalian menjadi anggota dari keluarga besar ITS. Apalagi kalian berasal dari negara yang jauh, karena itu anggaplah kami sebagai orang tua," pinta rektor.

Dalam pertemuan singkat itu, silaturrahmi diakhiri dengan buka bersama dengan menu ala masakan Indonesia. Mereka pun tampak tidak asing lagi dengan masakan Indonesia, seperti nasi, lontong, daging ayam, dan daging sapi. Mereka juga tampak fasih berbicara dalam bahasa Indonesia dengan teman sesama mahasiswa asing, karena mereka telah mempelajarinya selama satu semester hingga delapan bulan.

"Tahun ini ada sembilan mahasiswa asing yang menempuh S-2 di ITS. Mereka berasal dari Myanmar, Kenya, Sudan, Thailand, Aljazair, Ethiopia, Papua Nugini, dan Iran dengan beasiswa dari pemerintah Indonesia," ungkap PR I ITS, Prof Dr Ir Noor Endah MSc.

Tahun lalu (2005, Red), ungkap Noor Endah, tercatat lima mahasiswa S-2 dan tujuh mahasiswa S-1. Namun empat mahasiswa S-1 atas biaya sendiri, sedangkan yang lain mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Mereka berasal dari Sudan, Malaysia, Papua Nugini, Yaman, Aljazair, China, dan Austria. "Para mahasiswa asing itu umumnya mengambil jurusan di Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Informatika, Fakultas Teknik dan Studi Perencanaan, dan Fakultas MIPA," tegasnya. (Humas/ftr)

Berita Terkait