ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
20 Februari 2020, 10:02

Sarat Permainan, IE Games Tak Ada Matinya

Oleh : itschi | | Source : ITS Online

Keseruan peserta IE Games saat permainan word mole berlangsung.

Kampus ITS, ITS News – Menyuguhkan beberapa permainan sebagai strategi belajar, telah menjadi salah satu ciri khas dari Industrial Engineering (IE) Games tiap tahunnya. Dan pada edisinya kali ini, gelaran akbar dari Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut coba mengajak para semifinalisnya untuk lebih mengenal bidang keilmuannya lewat permainan seperti Word Mole, Tic Tac Toe, dan Monopoli.

Steering Committee IE Games, Anandito Ridho Rachmadi menjelaskan, permainan World Mole mengajarkan peserta untuk tanggap dengan memilih enam huruf alfabet yang telah disediakan. Lanjutnya, dimana di setiap tiap huruf yang mereka ambil memuat soal yang mesti dipecahkan. “Semakin cepat (peserta menyelesaikan soalnya, red) maka semakin banyak huruf yang dapat mereka kumpulkan,” tambah mahasiswa Departemen Teknik Industri tersebut.

Sedangkan di permainan Tic Tac Toe atau silang-bulat-silang, peserta harus menempatkan tiga tanda mereka di baris horisontal, vertikal, atau diagonal untuk memenangkan pertandingan. “Namun, untuk menandainya mereka perlu menuntaskan soal-soal yang telah disediakan panitia,” ujar lelaki yang akrab disapa Dito. Setiap satu butir soal yang terjawab, bebernya, peserta baru boleh memberikan tanda di kolom yang tersedia.

Beda halnya dengan monopoli, jelas Dito, permainan yang sudah tak asing terdengar di telinga ini memiliki cara yang berbeda dalam memainkannya. Setiap peserta harus melemparkan dadu untuk memindahkan bidaknya. Sesuai dengan mata dadu yang didapat, peserta dihadapkan dengan tiga pilihan soal yang memiliki bobot berbeda, yakni mudah, cukup sulit, dan sulit. “Untuk melemparkan dadu kembali, peserta harus memecahkan soal yang tersedia,” timpalnya.

Dikatakan oleh Dito, ketiga games tersebut dinilai oleh para volunteer dari mahasiswa Departemen Teknik Industri ITS sendiri. Setelah serangkaian permainan tersebut selesai, panitia akan memilih lima tim terbaik untuk maju ke babak Grand Final. “Games ini tidak hanya sebagai hiburan bagi peserta, tetapi diharapkan dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka mengenai Teknik industri,” pungkasnya. (chi/yok)

Panitia IE Games tengah menjelaskan aturan permainan monopoli kepada peserta.

Berita Terkait