ITS News

Sabtu, 28 September 2024
30 November 2006, 17:11

Hasil Pilcarek Dikirim Minggu Depan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua Pilcarek ITS, Prof Machmud Zaki MSc, mengatakan bahwa kini panitia sedang mengumpulkan berkas-berkas dari tiga calon rektor yang memperoleh suara terbanyak dari lima calon yang dipilih oleh senat institut. “Keputusan untuk mengirim langsung dengan didampingi tiga orang itu adalah keputusan Rektor. Tujuannya, lebih mempertimbangkan pada segi etisnya saja. Memang kalau dikirim melalui surat juga bisa, tapi akan lebih baik memang jika langsung disampaikan ke menteri,” kata Machmud Zaki, ditemui Kamis (30/11) siang.

Karena itu, katanya menambahkan, kapan kepastian harinya, masih sangat bergantung dengan jadwal Mendiknas. Namun ia berharap makin cepat akan makin baik, dan itu diperkirakan minggu depan. “Kalau sesuai dengan aturan, memang dua bulan sebelum habis masa berlakunya kepemimpinan rektor sekarang, senat institut harus sudah mengusulkan tiga nama ke pemerintah untuk ditetapkan oleh Presiden atas saran dan masukan Mendiknas, diangkat menjadi rektor,” katanya.

Diungkapkannya, kalau masa berakhir jabatan rektor sekarang adalah Februari 2007, maka rasanya tepat jika memang dikirim minggu depan. Kini panitia sedang meminta ketiga nama calon rektor untuk melengkapi berbagai macam berkas yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan. Sedangkan panitia akan menyiapkan berkas mulai dari proses jalannya penjaringan beserta hasil-hasilnya hingga pemilihan yang dilakukan oleh senat. “Kami sudah mempersiapkan semua itu, tinggal menunggu berkas dari ketiga calon. Selain itu Pak Rektor juga kini sedang mengikuti kunjungan kenegaraan bersama Presiden, sehingga memang baru bisa dipastikan dikirim minggu depan,” katanya.(humas/ftr)

Berita Terkait