ITS News

Sabtu, 28 September 2024
06 Desember 2006, 09:12

Konsep Apik Dalam Seminar L&SCM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Restoran Banana Leaf, seminar Logistic and Supply Chain Management ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh Jurusan Teknik Industri. Seminar ini sendiri menawarkan konsep baru yang berguna dalam pendistribusian barang secara baik dan strategis. Konsep yang cukup baru di Indonesia ini cukup mendapat perhatian di kalangan jurusan Teknik Industri sendiri.

Dibukanya laboratorium baru Center of Supply Chain Management yang pertama di Indonesia merupakan kesungguhan jurusan yang baru saja memenangkan IMA 2006 ini sebagai produk unggulannya. “Jurusan Teknik Industri ingin menjadi memimpin dalam mengkaji konsep baru ini di Indonesia,” ujar Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah M.Eng, seorang staf di laboratorium Center of Supply Chain Management.

Dimulai sejak pukul 18.00, para peserta langsung dihadapkan kepada menu yang telah disediakan sembari melaksanakan sholat Maghrib. Ramah tamah antar peserta juga menambah kesan rileks. Tata interior ruangan yang apik pun turut menambah kehangatan acara. Selanjutnya acar dilanjutkan dengan seminar yang dipaparkan oleh Ir Nyoman Pujawan MM PhD. Pembicara kedua yang dihadirkan dalam acara ini adalah Arie Anugrah, seorang praktisi Supply Chain Management dari PT Phillips Ralin Electronics.

Kedepan, menurut Doddy, begitu penggilan akrab Ahmad Rusdiansyah, pihaknya akan lebih rutin menggelar acara seminar dan pelatihan mengenai konsep Supply Chain Management kepada masyarakat. “Kita ingin memperkenalkan konsep baru yang dapat meningkatkan kualitas distribusi barang di masyarakat ini,” ujarnya. Doddy melanjutkan bahwa sebagai produk unggulan jurusan, ia dan laboratorium Center of Supply Chain Management yang dibinanya bersama Nyoman Pujawan akan berusaha aktif mempublikasikan riset-riset yang dilakukan baik skala nasional maupun internasional. “Kami ingin membuat atmosfir riset di ITS kembali bergairah,” ujar Doddy bersemangat.

Sebagai panitia dalam acara ini adalah mahasiswa S2 Jurusan Teknik Industri. Tidak canggung dalam menerima tamu, Niken Anggraini, salah satu panitia, mengatakan bahwa acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan laboratorium Center of Supply Chain Management kepada masyarakat luas. “Agar masyarakat lebih mengenal konsep ini secara lebih jelas,” ujar Niken.(ap/ftr)

Berita Terkait