ITS News

Sabtu, 28 September 2024
13 Desember 2006, 17:12

Dimulai, Hibah Pembangunan Asrama Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam sambutannya, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA mengatakan, hibah asrama dalam proyek Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) dari Departemen PU ini nantinya dikhususkan untuk seluruh mahasiswa baru guna pembentukan karakter selama setahun. “Untuk mahasiswa baru, pendekatan asrama akan sangat layak untuk pembentukan karakter melalui latihan kepemimpinan, interaksi sosial yang berbudaya, dan pengenalan dunia perguruan tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nuh berharap dalam pembangunan asrama mahasiswa ini, masyarakat sekitar kampus yang memiliki kos-kosan tidak apriori menanggapinya. Karena, asrama ini hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa baru, setelah mereka setahun di asrama nantinya akan pindah dan tetap mencari kos-kosan di sekitar kampus.

Sedangkan, walikota Surabaya, Bambang DH menyambut baik pembangunan asrama mahasiswa itu. Alasannya, dengan diasramakannya para mahasiswa di dalam kampus, maka akan mengurangi beban lalu lintas, sehingga mengurangi tingkat kemacetan kota Surabaya. “Saya sangat setuju dengan konsep untuk mengasramakan para mahasiswa di sekitar kampus, dengan begitu kemacetan dapat dikurangi, karena untuk menuju kampusnya mereka tidak perlu menggunakan kendaraan,” komentarnya.

Duabelas Lokasi

Sementara itu, Direktur Bina Program Departemen PU, Ir Djoko Muryanto mengungkapkan, ada 12 lokasi untuk perguruan tinggi yang dipilih Departemen PU untuk merelaisasikan program Rusunawa yang pada tahun anggaran 2006-2007 menganggaran Rp 325 miliar. “Selain Kampus ITS beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta juga menerima pembangunan asrama dalam program Rusunawa. Jumlahnya tidak harus sama seperti yang kini diberikan kepada ITS,” tandasnya.

Djoko pun menegaskan, pembangunan asrama ITS akan menggunakan dana tahun anggaran 2006-2007 ditambah dana anggaran tahun 2007-2008 yang besarnya telah ditetapkan untuk program Rusunawa sebesar Rp 420 miliar. “Selain asrama untuk para mahasiswa, program Rusunawa juga diperuntukkan bagi para pekerja di lingkungan industri dan kawasan kumuh. Surabaya juga telah menerima program Rusunawa di Penjaringansari,” pungkasnya. (humas/th@)

Berita Terkait