ITS News

Sabtu, 28 September 2024
17 Desember 2006, 11:12

Blog, Ancaman bagi Jurnalistik Konvensional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Blog merupakan salah satu media yang dianggap bebas di era digital seperti sekarang ini. Penggunanya atau yang sering disebut blogger dapat bebas menulis, menuangkan ide dan memberikan tanggapan-tanggapan terhadap fenomena yang terjadi ataupun hanya sekedar curhat. Dengan kebebasan yang ditawarkan, lalu apakah teknologi ini bisa menjadi media layaknya media jurnalistik?. "Lho kenapa tidak? medianya kan sudah ada! tinggal bikin liputan, wawancara orang, tambahkan foto beres! gak beda
dengan detik (www.detik.com, Red)," jelas Rane hafid dalam seminar kemarin.

Mengenai kebebasan yang  dalam media blog, Rane mengungkapkan bahwa hal ini ditawarkan kembali kepada tanggung jawab masing-masing dari blogger untuk menghargai apa yang ditulis. Dengan kebebasan itu pula, haruskah blog dibuat mengikuti kaidah jurnalistik? Rane yang juga salah satu penyiar radio di Singapura ini pun menjawabnya dengan, " Adalah hak seseorang untuk membuat blog dengan cara apapun dan isi apapun, tapi sebenarnya ada prinsip-prinsip tak tertulis atau aturan sosial yang harus dipatuhi untuk membuat hubungan antar manusia bisa terus berjalan dengan baik".

Tak kalah seru, Benny Chandra juga turut ambil peran memberikan komentar perihal fenomena blog apakah merupakan bagian dari jurnalisme ini. "Ada yang bilang blog adalah bentuk baru jurnalisme, sebaliknya ada juga yang berpendapat blog bukan jurnalisme karena artikelnya singkat-singkat dan terlalu banyak memasukkan unsur-unsur opini pribadi ketimbang objektivitas," tandas pria yang juga tergabung dalam Cangkrukan Community, salah satu komunitas blogger di Surabaya ini.

"Setiap huruf, setiap kata atau setiap kalimat yang kita publish di blog adalah sumbangan bagi kekayaan khasanah pengetahuan di internet khususnya dalam bahasa Indonesia yang relatif masih sangat terbatas, pertanyaannya, maukah anda menyumbang sesuatu?" pesan terakhir rane saat mengakhiri presentasinya.

Seminar bertajuk Speak Up with Blog ini diikuti oleh ratusan peserta. Tak hanya dari mahasiswa ITS, namun juga banyak diikuti oleh pelajar SMU dan umum. (m7/ftr )

Berita Terkait