ITS News

Sabtu, 28 September 2024
16 Desember 2006, 07:12

IECC School Targetkan Lulus UNAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sabtu (17/12) kemarin, ada pemandangan menarik di serambi masjid SMA Yapita, Keputih. Di sana nampak puluhan siswa duduk rapi membentuk kelompok-kelompok, seperti kelompok mentoring di masjid ITS. Sesekali terdengar suara riuh sorak-sorai siswa dari salah satu kelompok tersebut. Ya, siswa-siswa itu adalah peserta IECC School yang sedang asyik melakukan diskusi membahas soal salah satu mata pelajaran Ujian Nasional (UNAS).

IECC School merupakan program kegiatan yang bertujuan melakukan bimbingan pembelajaran pra UNAS. Prohram ini khusus memberikan bantuan bimbingan belajar bagi mereka yang memiliki kesulitan khususnya pada mata pelajaran UNAS.

IECC School ini memang ditujukan bagi mereka siswa-siswi di sekitar wilayah kampus ITS saja. “Salah satu misi kita di sini adalah turut serta mencerdaskan temen-temen di sekitar kampus yang katakanlah masih memiliki kemampuan yang kurang, khususnya pada mata pelajaran UNAS. Selain itu juga untuk memberdayakan teman-teman di kampus yang memiliki kemampuan akademis ok,”tutur Hermi Ria Harmonis, salah seorang koordinator IECC School.

Dalam pelaksanaan program ini, IECC menfokuskan diri pada tiga sekolah di Keputih, yakni SD Kejawan Putih II, SMP Yapita, dan SMA Yapita.”Dalam hal ini kita juga mendapat kritikan-kritikan mengapa kok tidak fokus ke satu sekolah saja dulu, program ini kan masih baru. Tapi, saya rasa itu nggak mengapa. Kalau kita bisa mengapa tidak?,”ujar Andi Irwansyah, Ketua IECC 2006-2007.

Lebih lanjut, IECC School tidak membebani peserta dengan memberi target yang harus dicapai pada UNAS nanti. Target utama yang dikejar adalah cukup lulus UNAS. ”Kalau bisa sih kita ingin mereka tak hanya lulus UNAS tapi juga SPMB. Tapi itu dapat ditindak lanjuti nanti jika pada tahap awal ini kita sukses,” tegas Andi.

Dari pihak siswa sendiri ternyata mereka merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.“Wah, seneng banget ada program seperti ini. Kan lumayan tiap minggu bisa belajar dengan kakak-kakaknya. Selain itu, motivasi untuk untuk selalu rajin belajar juga bisa tetap terjaga,” ungkap Yahmi, salah satu siswi kelas 3 IPA SMA Yapita.(m3/jie)

Berita Terkait