ITS News

Sabtu, 28 September 2024
20 Desember 2006, 13:12

Mahasiswa Latih Internet untuk Anak Dhuafa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rabu (20/12), jam satu siang, warung internet (warnet) dogul.net
dipenuhi puluhan anak-anak dari TPA Medokan Semampir Sukolilo-Surabaya, demi mengikuti pelatihan internet gratis. Acara yang diadakan mahasiswa baru jurusan Teknik Perkapalan ini merupakan rangkaian Kegiatan Pasca Pengkaderan (KPP). Sasaran utamanya adalah anak-anak Dhuafa usia 6-9 tahun.

Mengangkat tajuk Naval Care Project 2K6, mahasiswa Teknik Perkapalan menyalurkan ilmu tentang internet yang didapat untuk membimbing anak-anak itu."Saya harap dengan pelatihan ini bisa membantu adik-adik untuk memahami dunia komputer dalam rangka era globalisasi. Disini, kami ingin membantu pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia(SDM), karena di luar negeri pelatihan semacam ini merupakan tanggung jawab pemerintah," kata Yudik, ketua pelaksana.

Sementara itu, pengambilan peserta sendiri dilakukan secara random. "Hal ini dilakukan untuk menghindari membludaknya peserta berhubung ruangan yang
disediakan terbatas," papar Yudik yang juga termasuk mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2006. Selama dua jam, panitia dibantu staf dogul.net memperkenalkan kepada anak-anak cara membuat email setahap demi tahap. Peserta pun menyambut antusias tiap sesi pelatihan ini. "Saya seneng banget!," celoteh Ipa, salah satu peserta. Namun, acara pelatihan ini berlangsung kurang efektif karena peserta yang notabene masih anak-anak cenderung lebih suka bermain ataupun sekedar mencorat-coret gambar. Tetapi, dengan kesabaran tutor, akhirnya sekitar 20 anak dapat menggunakan internet bahkan bisa membuat email sendiri. (m8/th@)

Berita Terkait