ITS News

Sabtu, 28 September 2024
22 Desember 2006, 12:12

Kerjasama, ITS-Perguruan Tinggi Peraih Nobel

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bentuk kerja sama kali ini terbilang istimewa, karena Tohoku University adalah salah satu perguruan tinggi di Jepang tertua dan beberapa civitas akademikanya pernah mendapatkan hadiah Nobel. ”Kami akan mencoba terus menjalin kerjasama dan mengembangkan jejaring dengan perguruan tinggi di luar negeri, tentu saja dengan mempertimbangkan pada kualitas perguruan tingginya,” kata Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Kamis (21/12) siang.

Dikatakannya, penandatanganan MoU dengan universitas itu dilakukan secara terpisah. Di Jepang dilakukan pada 11 Desember lalu dan kemudian di kirim ke ITS, lalu di ITS dilakukan Kamis, 21 Desember 2006. ”Kami berharap mulai tahun 2007 berbagai kerja sama yang memang sebelumnya telah dilakukan penjajakan akan segera terealisasi, terutama riset-riset bersama dan pertukaran dosen,” katanya.

Ke depan, Nuh menambahkan, ia berharap ITS bisa merealisasikan kerjasama program double degree. ”Dengan telah ditantadanganinya MoU antara ITS dengan Tohoku University, kini ITS sedikitnya telah menjalin kerjasama serupa dengan 10 perguruan tinggi di Jepang diantaranya Hirosima, Saga, Kumamoto, Kobe, Okayama University dan Tokyo Institute of Technology,” katanya.

Nuh berkeyakinan, jika kerja sama ITS terjalin dengan perguruan tinggi yang memiliki level tinggi, maka ke depannya akan berimbas pula pada pengakuan internasional melalui penelitian-penelitian bersama. ”Paling tidak jika para dosen dan peneliti di ITS telah melakukan penelitian bersama, mereka akan terangkat dan memperoleh pengakuan di forum internasional,” katanya.

Diungkapkan Nuh, dipilihnya Tohoku University untuk menjalin kerjasama dengan ITS antara lain pada pertimbangan banyaknya penemuan-penemuan dan pemenang Nobel yang berasal dari perguruan tinggi itu. ”Direktur Pascasarjana-nya, Tatsuo Ochida sendiri adalah seorang penemu LCD dan beberapa staf pengajaranya pernah memenangkan Hadiah Nobel. ITS berharap kerja sama ini cukup istimewa dan diharapkan akan mendapatkan sesuatu dari kerjasama ini dikemudian hari,” katanya.(Humas/ftr)

Berita Terkait