ITS News

Sabtu, 28 September 2024
25 Desember 2006, 11:12

Akrab 2006, Meriah Meskipun Sedikit Peserta

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Minggu (23/12) pagi di Lapangan Depan Perpustakaan Pusat ITS berlangsung acara Akrab 2006. Acara yang baru diadakan pada tahun ini oleh Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) BEM ITS berlangsung meriah meskipun peserta yang hadir tidak lebih dari 200 orang. Beberapa kegiatan yang digelar antara lain jalan sehat, bazar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), lomba balap klompen, lomba tarik tambang, puzzle raksasa, pembagian door prize, pelepasan balon mimpi, dan makan tumpeng bersama.

Akrab 2006 yang telah direncanakan sejak bulan September 2006, merupakan kelanjutan dari acara Integralistik Workshop (IW) yang juga merupakan program kerja dari Departemen Humas BEM ITS. “IW bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru, sedangkan Akrab 2006 mengakrabkan baik mahasiswa baru, mahasiswa lama, dan semua elemen di ITS, termasuk warga sekitar ITS,” ujar Rusman Hidayat, Ketua Panitia Akrab 2006.

Sayangnya acara yang bertujuan untuk mengakrabkan dan menjalin silaturahmi warga ITS itu sepi peminat karena diadakan pada minggu tenang. Minggu tenang selama satu minggu ini memang dimanfaatkan mahasiswa untuk pulang ke daerah masing-masing. Sehingga peserta yang hadir tidak lebih dari 200 orang. Para dosen dan undangan lainnya juga nampak tidak hadir dalam acara tersebut.

Presiden BEM ITS, Detak Yan Pratama, membuka acara Akrab 2006 dengan memberangkatkan peserta jalan sehat mengelilingi Kampus ITS pada pukul 06.30 WIB. Dilanjutkan dengan Lomba Balap Klompen, dimana satu klompen diisi oleh empat orang mahasiswa yang berbeda jurusan, sehingga mereka dapat saling mengenal dan mengakrabkan antar jurusan.

Lomba Tarik Tambang juga tidak kalah seru dengan satu tim yang terdiri dari perwakilan mahasiswa beberapa jurusan dalam satu fakultas. Lomba yang bertujuan mengakrabkan antar fakultas tersebut dimenangkan oleh Fakultas Teknik Industri (FTI), disusul oleh Fakultas Teknik Kelautan (FTK), dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

Dilanjutkan dengan penyusunan Puzzle Raksasa oleh perwakilan setiap jurusan sehingga membentuk tulisan Akrab 2006. Kepingan puzzle yang sudah diberi pola, dikirimkan ke setiap HMJ seminggu sebelum acara. Tujuannnya agar HMJ menghiasi kepingan puzzle yang sudah berpola dengan ciri khas jurusan, baik warna maupun lambang dengan tidak menghilangkan pola yang ada.

Suasana menjadi semakin meriah saat pelepasan Balon Mimpi. Peserta berebut menuliskan impian-impiannya diatas kain putih bertuliskan Akrab 2006. “Semoga IP saya bisa lebih dari tiga,” ujar salah seorang peserta sambil menuliskan impiannya tersebut diatas kain. Selanjutnya kain tersebut diikatkan pada 500 buah balon berwarna putih dan biru, lalu dilepaskan ke udara.

Selama berlangsungnya acara peserta dihibur dengan musik Anak Jalanan dari Terminal Bungurasih yang menyebut diri mereka Group Penurun Darah Tinggi (PEDATI). Selain menyuguhkan beberapa lagu, mereka juga sukses mengocok perut para peserta dengan humor yang dilontarkan.

Akrab 2006 ditutup dengan pengundian door prize utama berupa sebuah handphone dan sebuah sepeda gunung. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk menikmati tumpeng yang merupakan sumbangan dari setiap fakultas.(m4/ftr)

Berita Terkait