ITS News

Sabtu, 28 September 2024
24 Januari 2007, 09:01

Chevron-ITS adakan Workshop Pembacaan Data Seismik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembicara yang dihadirkan pada workshop yang berlangsung sejak Selasa(23/01), merupakan pembicara yang senior dibidangnya. Seperti Abdul Latif dan Ginanjar, Geophysicist senior, serta Andre Abimanyu, senior Petrophysicist. Ketiga pembicara yang dihadirkan oleh PT. Chevron Pasific Indonesia merupakan lulusan dari Universitas Indonesia.

Workshop ini dibuka dengan sambutan dari Chrisdavine, Manajer PT. Chevron Pacific Indonesia. Dilanjutkan dengan pemutaran film tentang perusahaan tersebut. Dalam workshop yang berlangsung sampai Jumat (26/1) dipelajari dari awal tentang pengambilan dan penginterpretasian data seismik.

Dalam pengambilan data seismik digunakan gelombang seismik, setelah itu dilakukan penginterpretasian atau pembacaan gelombang seismik. Hal ini dilakukan untuk memetakan struktur permukaan bumi serta untuk mencari sumber daya alam dan mineral di bawah permukaan bumi.

Workshop ini berjalan lancar meski persiapannya cukup singkat, yaitu hanya dua minggu setelah pemberitahuan dari pihak Chevron. “Alhamdulillah, tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan workshop ini” ujar Cicik Sukma, ketua panitia ini.

Meski workshop ini dilaksanakan pada liburan semester, jumlah pesertanya tetap memenuhi target. Bahkan ada peserta yang jauh-jauh datang dari Jakarta dan Bandung. Pesertanya sebagian besar berasal dari Geofisika, Jurusan Fisika FMIPA karena yang diajarkan dalam workshop sangat berkaitan dengan mata kuliah Geofisika.

Workshop serupa sebenarnya sudah pernah diadakan di salah satu universitas negeri di Malang, karena hanya diadakan selama dua hari maka materi yang disampaikan kurang lengkap. Jadi perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi minyak ini mengadakan lagi workshop serupa dengan materi yang lebih lengkap bekerjasama dengan AAPG.(key/rif)

Berita Terkait