ITS News

Sabtu, 28 September 2024
04 Februari 2007, 11:02

Teknik Informatika Gelar Assorted Training

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mahasiswa Teknik Informatika ITS angkatan 2004 memang patut diacungi jempol. Berawal dari masalah finansial pada salah satu program kegiatan angkatan, mereka akhirnya berinisiatif untuk mengadakan training akbar sepanjang musim Februari hingga Maret mendatang. Tak tanggung-tanggung, mulai dari masalah administrasi, penyediaan tempat dan peralatan, hingga narasumber ahlinya semua di-handle oleh angkatan 2004.

Namun, meski hanya di-handle oleh satu angkatan dan tak menyertakan pihak luar, ternyata menu yang disajikan dalam pelatihan yang bernama Assorted Training ini pun tergolong menggiurkan. Khususnya bagi mereka yang gemar akan dunia IT (Information Technology). Sebut saja contohnya, pembuatan game, pembuatan aplikasi HP (Hand Phone), modelling dan animasi advance, video editing, hacking, dan masih banyak lagi.

Memang, sebagaimana yang dituturkan oleh ketua panitia Assorted Training, Erina Letivina, setidaknya tak kurang dari empat belas materi yang akan ambil bagian dalam training ini. “Kita di sini telah menjadwalkan sekitar empat belas sesi pelatihan yang insyaAllah akan digelar hingga Maret mendatang. Pelatihan akan dilaksanakan selama satu hari yakni mulai pagi pukul 09.00 sampai pukul 16.00 sore hari.” tutur Erina.

Lebih lanjut, ketika dimintai keterangan tentang kendala yang dihadapi selama persiapan pelaksanaan Assorted Training, Erina menegaskan bahwa publikasi menjadi masalah yang paling merepotkan.”Sebenarnya kita mengadakan pelatihan ini untuk adik-adik SMA. Tapi ketika melakukan kunjungan ke SMA ternyata banyak yang sudah libur. Jadi terpaksa kita menyebarkan informasinya lewat LBB-LBB (Lembaga Bimbingan Belajar, Red). Dan karena kita juga tak ingin pelatihan ini gagal, akhirnya target kita perluas untuk umum.” jelas gadis berkerudung ini sambil tersenyum.

Meski dinyatakan bahwa Assorted Training terkendala oleh masalah publikasi, ternyata peserta yang telah mendaftar ke panitia mencapai 30-40 orang per sesinya. Lebih dari cukup apabila dibandingkan dengan kapasitas laboratorium yang digunakan. Bahkan ada beberapa sesi yang terpaksa membuat jadwal shift pelatihan dikarenakan ruangan yang tak mencukupi.

Hal yang sama terlihat pula pada pelatihan ke-4 Assorted Training, Desain Grafis dengan CorelDraw, kemarin (4/2). Tak kurang dari empat puluh orang peserta berpartisipasi dalam sesi ini. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa, kemudian siswa SMA, dan beberapa dari kalangan perusahaan atau instansi. (f@y/ftr)

Berita Terkait