ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Maret 2007, 13:03

Berangkat Pagi Demi Bursa Karir

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak sebelum subuh Yoyok sudah mempersiapkan semuanya. Setelan kemeja lengan panjang berwarna cerah dan celana panjang warna hitam sudah dipersiapkan semalam sebelumnya. Setelah subuh ia berangkat dengan membawa satu tas yang berisi surat-surat dan segala persyaratan untuk mencari kerja. Berharap mengunjungi Bursa Karir ITS untuk segera mendapat pekerjaan yang tidak kunjung didapat sejak ia lulus kuliah. ”Naik sepeda motor sendirian dari Lumajang, soalnya ndak ada yang mbarengi mas,” ujarnya optimis.

Muda-mudi pencari kerja seperti Yoyok sudah berada di Graha Sepuluh Nopember ITS sejak pagi, acara yang diselenggarakan SAC berupa Bursa Kerja ini akan dilaksanakan selama dua hari 14-15 Maret 2007. Heru Lumaksono selaku ketua panitia Bursa Kerja mengatakan bahwa SAC ITS berusaha memfasilitasi para pencari kerja untuk memasukkan lamarannya. ”Acara ini sebenarnya juga ditujukan kepada mahasiswa ITS yang masih aktif untuk belajar mencari dan mengetahui dunia kerja,” ujar Heru.

Lebih lanjut Heru menjelaskan bahwa total ada 31 perusahaan baik yang berskala nasional maupun multinasional yang berpartisipasi dalam acara ini. ”Kebanyakan dari oil company, tapi ada tiga Aset Manajemen Unit ITS yang ikut di dalamnya,” jelas Heru. Nantinya dari perusahaan yang hadir akan menggelar stan, presentasi perusahaan, bahkan melakukan rekruitmen langsung. ”Ada beberapa perusahaan yang akan menggelar tes di tempat (Graha ITS red.) selama dua hari, baik tes tulis maupun tes wawancara,” lanjut Heru.

Tidak hanya presentasi dan memajang stan perusahaan. Dalam rangkaian acara bursa karir ini juga dijadwalkan akan diisi berbagai talkshow, salah satunya adalah talkshow kiat sukses masuk dalam dunia kerja yang bertajuk Talent Management yang akan dipandu oleh Subagyo, seorang staff dari Dharma Polimetal.

Hari pertama, acara presentasi perusahaan akan diisi oleh tiga perusahaan oil company ternama yaitu Schlumberger, Total E&P Indonesie, dan Exxon Mobil Oil Indonesia Inc. Sedangkan pada hari kedua presentasi perusahaan akan diisi oleh beberapa perusahaan yaitu, Exxon Mobil Oil Indonesia Inc; PT. Aneka Tambang, Tbk, dan Dharma Group.

Heru sendiri berpesan bahwa dalam mencari kerja, selain ijazah hal lain yang juga penting adalah penampilan dan cara berkomunikasi yang baik. ”Lulusan ITS seringkali merasa minder dalam mencari kerja, padahal penampilan dan komunikasi adalah poin penting dalam mencari kerja,” jelas Heru. ap

Berita Terkait