ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Maret 2007, 15:03

Bursa Karir ITS Diramaikan 31 Perusahaan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Yoyok, salah satu pelamar, sebelum dini hari telah mempersiapkan semua. Memakai setelan kemeja lengan panjang warna cerah dipadu celana panjang hitam, telah ditata semalam. Setelah subuh, berangkat membawa tas berisi surat dan segala persyaratan kerja. Mengunjungi Bursa Karir ITS, Yoyok berharap segera mendapat pekerjaan yang tak kunjung diperoleh sejak lulus kuliah. ”Naik sepeda motor sendirian dari Lumajang, soalnya ndak ada yang mbarengi mas,” paparnya menjelaskan.

Selain Yoyok, banyak juga muda-mudi lain yang telah berada di Graha Sepuluh Nopember ITS sejak pagi. Kegiatan Bursa Kerja yang dihelat SAC ini akan digelar selama dua hari, berakhir 15 Maret besok.

Heru Lumaksono, ketua panitia, mengatakan SAC berusaha memfasilitasi pencari kerja untuk memasukkan lamarannya. ”Acara ini sebenarnya juga ditujukan kepada mahasiswa ITS yang masih aktif untuk belajar mencari dan mengetahui dunia kerja,” ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan, ada 31 perusahaan berskala nasional maupun multinasional yang berpartisipasi dalam acara ini. ”Kebanyakan dari oil company, tapi ada tiga Aset Manajemen Unit ITS yang juga ikut di dalamnya,” kata Heru. Nantinya, dari perusahaan yang hadir akan menggelar stan, presentasi perusahaan, bahkan melakukan rekruitmen langsung. "Beberapa perusahaan yang akan menggelar tes di tempat (Graha ITS, red) selama dua hari, baik tes tulis maupun tes wawancara,” lanjut Heru.

Tak hanya presentasi dan memajang stan perusahaan. Dalam rangkaian acara bursa karir ini juga dijadwalkan akan diisi berbagai talkshow. Salah satunya, talkshow kiat sukses masuk dalam dunia kerja yang bertajuk Talent Management yang dipandu Subagyo, staff Dharma Polimetal.

Sedangkan pada hari pertama, presentasi perusahaan akan diisi tiga perusahaan oil company yang cukup besar yaitu Schlumberger, Total E&P Indonesie, dan Exxon Mobil Oil Indonesia Inc. Sementara, hari kedua akan diramaikan Exxon Mobil Oil Indonesia Inc, PT Aneka Tambang Tbk, dan Dharma Group.

Heru sendiri berpesan, bahwa dalam mencari kerja, selain ijazah hal lain yang juga penting adalah penampilan dan cara berkomunikasi yang baik. ”Lulusan ITS seringkali merasa minder dalam mencari kerja. Padahal, penampilan dan komunikasi adalah poin penting dalam mencari kerja,” pungkasnya. (ap/th@)

Berita Terkait