ITS News

Sabtu, 28 September 2024
20 Maret 2007, 17:03

Gelar Sampan, Kenalkan Kapal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam jumpa pers, Selasa (20/3) pagi di gedung Rektorat, Pembantu Dekan III Fakultas Teknologi Kelautan ITS, Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD mengatakan bahwa melalui kegiatan Sampan ini diharapkan tercipta pemahaman dunia perkapalan. Karena itu, imbuhnya, yang dilibatkan tak hanya para pengambil kebijakan, praktisi, dan mahasiswa, tapi juga siswa SMA hingga TK dan Play Group. ”Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan mahasiswa Teknik Perkapalan se-Indonesia untuk berbagi dan bertukar ilmu dan pengalaman. Selain itu juga mencoba kepada masyarakat untuk lebih apresiatif terkait teknologi kapal,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Vendy N menegaskan bahwa ada delapan agenda kegiatan yang meramaikan Sampan. Diantaranya, Lomba Karya Cipta Bahari Indonesia untuk mahasiswa dan siswa SMA; dialog interaktif bersama Menteri Perindustrian, pengusaha galangan kapal, perbankan dan masyarakat pengguna; pelatihan dan simulasi tender pembangunan kapal; lomba dan gelar foro bahari, pameran bahari, dan Nasdarc.

”Khusus kegiatan Nasdarc, sebelum lomba, panitia akan mengadakan pelatihan pembuatan model kapal berbahan fiberglass. Hasil dari pembuatan model kapal tersebut kemudian akan dilombakan sebagai implementasi langsung hasil pelatihan,” tandas Vendy panjang lebar.

Pelatihan yang akan dilakukan sebelum lomba, kata Vendy, dapat dipraktekkan siswa SMA yang belum mengerti sekali pun. Ini karena panitia telah menyiapkan mahasiswa yang memang telah terlatih untuk mendesain dan membuat kapal melalui prototype kapal berbahan fiberglass. ”Kami telah menyiapkan mahasiswa dengan dilatih dosen untuk menyiapkan kegiatan ini. Simulasinya pun telah kami lakukan agar kegiatan ini benar-benar menjadi daya tarik bagi peserta,” tuturnya. Rencananya, imbuh Vendy, pelatihan ini akan diikuti oleh delapan kelompok perwakilan siswa SMA se-Jawa Timur. Masing-masing kelompok terdiri dari lima siswa.

Terkait dialog interaktif, Vendy mengatakan bahwa rencana kehadiran Menteri Perindustrian, Fahmi Idris, akan dilaksanakan bersamaan dengan pemasangan tiang pancang pertama pusat desain kapal ITS. ”Kami akan manfaatkan kehadiran Pak Menteri untuk membuka sekaligus memberikan sambutan kegiatan Sampan,” pungkasnya. (th@/humas/ftr)

Berita Terkait