ITS News

Sabtu, 28 September 2024
07 April 2007, 10:04

Temu Alumni Statistika Kritik Mahasiswa Saat ini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jurusan statistik sudah memiliki alumni dua ribu lebih.Namun, dengan potensi sumber daya manusia demikian banyak, pihak jurusan atau Himpunan Mahasiswa Statistika(Himasta) belum memiliki database yang lengkap untuk mendukung komunikasi dengan mereka.

Karena itu Himasta mengadakan temu Alumni. Selain untuk melengkapi database tersebut, acara ini juga sebagai kesempatan alumni mengenalkan dunia kerja pada mahasiswa. Acara ini dikemas dalam Talk Show Peran Statistik dalam Dunia Kerja.

"Mempelajari dan aplikasi ilmu statistik saat kuliah dan bekerja itu berbeda. Saat kuliah itu masih pada tataran teori, sedangkan pada dunia kerja lebih real. Seorang lulusan dituntut dapat mengkombinasikan keduanya" ungkap Sumarjan salah satu pembicara memulai diskusi.

Alumnus yang berprofesi sebagai manager pengendalian proses produksi di Philip Co ini menyebutkan bahwa sepuluh persen karyawan di perusahaan tersebut adalah mahasiswa statistika terutama yang memiliki keahlian dalam Design of Experiment (DOE) yang sangat diperlukan untuk pembuatan keputusan skala industri.

Namun lulusan tahun-tahun terakhir ini banyak yang tidak memenuhi Kualitas kompetensi yang diminta perusahaan tersebut."Banyak Manager Human Resource Development (HRD) yang kecewa. Kualitas lulusan sekarang jauh dari yang diharapkan." Ungkap Sumarjan. Dia mencontohkan saat sesi wawancara penerimaan karyawan. "Ada lulusan statistika yang tidak yakin memberikan keputusan saat dihadapkan kasus suatu permasalahan perusahaan" Ungkapnya.

Menurut Karin, pembicara kedua, salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian mahasiswa sekarang pada perkembangan profesi dan masyarakat umum. Alumnus yang bekerja di Bank Indonesia cabang Surabaya ini menambahkan, "Mahasiswa sekarang terlalu sibuk dengan tugas jurusan, sehigga kompetensi spesifik yang dimilikinya kurang."

Kondisi seperti cukup disayangkan karena banyak posisi di perusahaan atau industri yang diperuntukkan pada lulusan statistika. Krisna, dosen statisktika mengatakan, "Memang banyak yang minta, tetapi apakah kita siap?"

Selain bincang-bincang mengenai dunia kerja, acara ini juga digunakan untuk mempublikasikan situs statistics.its.ac.id. Hal ini terkait dengan Program Hibah Kompetensi (PHK) A-3 yang diterima jurusan selama dua tahun mulai 2007 ini. "Situs ini sudah jadi,namun sedikit alumni yang mengaksesnya" kata Soni Sunaryo, Ketua PHKA3. Situs jurusan tersebt mendukung pelengkapan database alumni.

Statistika mendapat PHK A-3 karena menjadi jurusan percontohan  untuk mendapat sertifikasi International Standard Operation (ISO). Dalam sertifikasi ini, kualitas jurusan  juga dinilai dari alumninya yang bisa diketahui dari database tesebut.
(mac)

Berita Terkait