ITS News

Sabtu, 28 September 2024
24 April 2007, 12:04

Suprobo Munculkan Kembali PR IV

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Demikian diungkapkan Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, Senin (23/4) siang usai memimpin sidang senat berkait dengan rencana pemilihan para pembantu rektor yang akan diputuskan Mei mendatang. ”Jika tidak ada aral melintang 21 Mei kami akan melantik keempat pembantu rektor. Tadi sudah disepakati oleh senat institut bidang kerja dan nama-nama yang akan menduduki jabatan itu,” katanya.

Diungkapkan Probo bahwa dari dua belas nama yang menyatakan bersedia untuk menduduki jabatan pembantu rektor, Senat telah memutuskan dan menyerahkan kepadanya delapan nama dengan dua nama untuk masing-masing pembantu rektor. ”Dari dua nama yang diserahkan senat kepada saya, saya diminta untuk memilih atau menentukan satu nama sebagai pembantu rektor. Jika tidak ada halangan, kepastian siapa nama para pembantu rektor akan bisa diketahui minggu depan, dan pada 21 Mei dilakukan pelantikan dan serah terima jabatan,” katanya.

Siapa kedelapan nama-nama yang diusulkan senat kepada Rektor? Untuk jabatan Pembantu Rektor I yakni bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, masing-masing adalah Prof Ir Arif Djunaidy MSc PhD, yang kini menjabat Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf), dan Ir Joni Hermana MScES PhD, kini menjabat Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

Adapun dua nama yang diusulkan untuk menduduki jabatan Pembantu Rektor II bidang administrasi, keuangan dan sumber daya, masing-masing Prof Dr Ir Djatmiko Ichsani M Eng, Guru Besar Jurusan Teknik Mesin, dan Prof Dr Ir Sugeng Winardi, MEng, Guru Besar Jurusan Teknik Kimia. Sedang dua nama untuk jabatan Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan, keduanya diisi dari orang-orang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) masing-masing, Prof Drs Nur Irawan MIKom PhD sekarang menduduki jabatan Pembantu Dekan III FMIPA dan Prof Dr Suasmoro yang kini menjabat Dekan FMIPA.

Sedang untuk jabatan Pembantu Rektor IV keduanya berasal dari Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), keduanya juga menjadi rival Probo dalam pemilihan rektor November lalu, masing-masing Ir Eko Budi Djatmiko Msc PhD (Pembantu Dekan III) dan Ir Djauhar Manfaat MSc PhD.

Dikatakan Probo, ia akan menentukan siapa orang yang tepat untuk mendampingi dirinya sebagai Pembantu Rektor berdasarkan pada kemampuan dan kapabilitas dari nama-nama yang telah diusulkan kepadanya. ”Kalau melihat nama-nama yang disampaikan kepada saya, semuanya telah memenuhi syarat baik akademik maupun kemampuan dan kapabilitasnya, karena itu saya harus hati-hati. Tapi terpenting mereka akan mampu bekerjasama dengan saya,” katanya.

Seperti pernah disampaikan sebelum pelantikan rektor awal April lalu, Probo berharap para pembantu rektornya adalah orang yang mempunyai kompetensi, integritas tinggi, loyal, dan mempunyai komitmen serta bisa bekerja sama. ”Saya ini orangnya pragmatis dan inginnya tepat sasaran, demikian juga dalam memilih para pembantu rektor,” katanya waktu itu. (Humas/ftr)

Berita Terkait