ITS News

Sabtu, 28 September 2024
18 Mei 2007, 17:05

Tiga LDJ ITS Raih Award

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun ini Tim Bina Lembaga Dakwah Jurusan (BLDJ) Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) TPKI ITS, menggelar FSLDJ Award. Penghargaan ini ditujukan kepada LDJ yang mempunyai pola kaderisasi, syair dan kegiatan keislaman; yang dinilai terbaik. Lebih dari 30 LDJ se-ITS, termasuk UKKI PENS, mengikuti ajang yang kali pertama dihelat ini.

Menurut Ketua Tim BLDJ, Ahmad Firmansyah, tahun ini pihaknya baru dapat memberikan tiga kategori penghargaan. ”Sebagai permulaan, kami memberikan penilaian tiga kategori yaitu kaderisasi, syiar dan kegiatan keislaman. Mudah-mudahan ke depan, kategorinya bertambah, sehingga peluang LDJ lain pun semakin banyak,” paparnya.

Untuk kategori kaderisasi, ada lima nominator LDJ, yaitu Ibnu Muqlah Matematika, FKIQ Biologi, Nurul Ilmi Teknik Kimia, Fusi Ulul Albab Teknik Fisika dan FSI Ulul Ilmi Teknik Industri. ”Juaranya adalah KINI (Kajian Islam Nurul Ilmi) Tekkim. Mohon perwakilan maju ke depan, ada kenang-kenangan dari BLDJ, semoga menambah semangat untuk kader-kader baru,” ungkap Fathir, pembaca nominasi.

Farida, Perwakilan KINI mengungkapkan dari awal lembaganya melakukan open rekruitment untuk menjaring kader seperti LDJ lainnya. Yang menarik KINI mempunya cara tersendiri dalam mengolah kader. "Setelah rekruitmen, kami pun ada follow up dan pendampingan. Setelah pengkaderan juga diadakan Training Pendalaman Islam I dan II,” kata Farida.

Sementara itu, dalam kategori Syiar juga ada lima nominator. Yaitu Nurul Ilmi Teknik Kimia, Ulul Albab Teknik Fisika, Ulul Ilmi teknik Industri, Ibnu Muqlah Matematika serta AtTsabiqul Perencanaan Wilayah dan Kota. Pemenangnya diraih Kajian Ibnu Muqlah Matematika. Kajian Ibnu Muklah Matematika, membeberkan cara lembaganya dalam ber-syiar. ”Kami ada kegiatan rutin KRSM (kajian Rabu Siang Matematika), yang lain insedental. Ada juga diskusi interaktif dengan Hidayatullah,” kata salah satu perwakilan Matematika.

Sedangkan untuk kategori kegiatan keislaman, lima nominasi berturut-turut kajian jurusan dari Sistem Informasi, UKKI PENS, Matematika, AsShoff Teknik Mesin serta Teknik Kimia. Juara terbaik kategori ini dimenangkan oleh Kajian Islam Sistem Informasi (KISI).

Selain award, tim BLDJ juga memberikan buku Panduan Managemen LDJ kepada tiap-tiap jurusan di ITS. Buku ini dibuat sendiri, ”Semoga ini buku bermanfaat bagi jurusan kalian untuk mengelola LDJ lebih baik ke depannya,” pungkas Firman. (th@/asa)

Berita Terkait