ITS News

Sabtu, 28 September 2024
11 Juni 2007, 06:06

All PENS Final, G-RUSH Jadi Juara

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sesuai dengan prediksi, putaran final KRI 2007 mempertemukan dua robot andalan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS, Q NUMB ON dan G-RUSH. Persaingan menuju ke tangga juara pun berlangsung panas, apalagi dari segi kemampuan keduanya hampir setara.

Sama-sama turun dengan tiga robot otomatis dan satu robot manual, Q NUMB ON dan G-RUSH langsung menggebrak sejak awal pertandingan. Dengan Q NUMB ON di sisi merah dan G-RUSH di sisi merah, perolehan point keduanya berlangsung ketat.

Sejak tanda start dinyalakan, robot otomatis G-RUSH dengan tangkas mulai mencari pearl warna hijau di dalam arena dan berhasil. Namun, ketika hendak meletakkan pearl di island pada lingkaran victory, robot otomatis ini mengalami tabrakan keras dengan robot otomatis Q NUMB ON yang menghadangnya. Tim G-RUSH pun meminta retry atau start ulang untuk robot otomatisnya.

Akibat insinden tabrakan tersebut, G-RUSH sempat tertinggal 0-1 dari Q NUMB ON. Q NUMB ON sendiri mendapatkan point tersebut dari robot manualnya.

Usai melakukan retry, kembali robot otomatis G-RUSH beraksi. Setelah mengambil dua pearl hijau, ia langsung berlari menuju island di daerah victory dan berhasil memasukkannya. Robot otomatis Q NUMB ON yang hendak menghadang datang terlambat. Namun, ia juga berhasil menghentikan gerak robot otomatis G-RUSH agar tak beraksi lebih jauh lagi. Skor sementara pun berubah 1-1.

Melihat lawannya menyamakan kedudukan, Q NUMB ON pun tak tinggal diam. Menerima umpan pearl dari robot manual lewat island terluar, robot otomatisnya yang lain langsung mendekati island di titik victory dan berhasil. Skor berubah 1-2 untuk Q NUMB ON.

Namun tak lama berselang, G-RUSH kembali menyamakan angka. Robot otomatis G-RUSH lainnya yang terlihat mondar-mandir di area island terluar ternyata berhasil memasukkan pearl di beberapa island, meski tak di island victory.

Kejar-mengejar point terus terjadi hingga pada akhirnya G-RUSH berhasil mendahului 4-3. Dari sini aksi si G-RUSH pun tak terbendung. Pertandingan berakhir dengan skor 8-2 untuk G-RUSH. Q NUMB ON mendapat pengurangan nilai karena hukuman penalti.

Dengan kemenangan ini G-RUSH berhak atas gelar juara pertama pada lomba KRI-KRCI 2007 dan akan mewakili Indonesia pada kontes ABU ROBOCON 2007 yang digelar di Hanoi, Vietnam.

Adapaun untuk juara dua sudah barang tentu diraih oleh Q NUMB ON dan juara harapan ditempati oleh dua robot yang mereka kalahkan, L46E dan F4LCON. Penyerahan hadiah dan piala ini diberikan langsung oleh Menkominfo Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA. (f@y/rif)

Berita Terkait