ITS News

Sabtu, 28 September 2024
09 Juni 2007, 19:06

Sementara, ITS Masih Dominasi KRI 2007

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hari pertama pertandingan KRI, Sabtu (9/6) robot-robot ITS menunjukkan dominasinya. Dari 24 pertandingan yang digelar, dipastikan seluruh robot wakil ITS lolos babak penyisihan. Bahkan ranking nilai tiga teratas ditempati oleh robot ITS. Dan istimewanya lagi ada satu robot ITS yang menorehkan nilai nyaris sempurna.

Berturut-turut tiga robot yang menempati tiga teratas adalah robot G-RUSH dari PENS ITS, robot F4LCON dari ITS, dan robot Q NUMB ON wakil PENS ITS.

G-RUSH selain menempati posisi pertama, berhasil memperoleh nilai nyaris sempurna dengan perolehan 23 point lebih sedikit empat point dari nilai nilai sempurna.

Menurut Dr Ir Endra Pitowarno MEng, ketua Dewan Juri KRI-KRCI, nilai tersebut memang pantas diraih oleh G-RUSH. Alasannya, G-RUSH memang memiliki kemampuan khusus yang tak dimiliki oleh robot peserta lain. "G-RUSH mampu mengenali apakah suatu island berisi pearl milik musuh atau tidak. Jika ia menemukan pearl milik musuh maka ia akan membuangnya dan mengganti dengan pearl milik sendiri," tutur Endra.

Sebenarnya, imbuh Endra, G-RUSH mampu untuk mencapai nilai maksimamum atau victory yakni 27 point. Namun, Endra menduga kru G-RUSH memang sengaja tak ingin memperoleh nilai victory tersebut. "G-RUSH memang memanfaatkan kelemahan musuhnya untuk mencari point sebanyak-banyaknya. Namun, di sisi lain G-RUSH juga tak ingin terburu-buru mendapatkan nilai penuh. Jadi, nilai 23 tersebut mungkin memang mereka sengaja," ujarnya.

Berbeda dengan G-RUSH, robot F4LCON justru harus melalui perjuangan yang agak berat agar duduk di peringkat dua. Di pertandingan pertama F4LCON sempat mendapatkan penalti sehingga mengalami kekalahan. Namun pada dua pertandingan berikutnya F4LCON berhasil meraih kemenangan. Terakhir, F4LCON menang telak dengan skor total 16 melawan Bleack Pearl dari Universitas Muhammadiyah Malang yang hanya meraih skor tiga.

Perjuangan robot-robot ITS untuk mencapai final masih panjang. Dari delapan puluh laga penyisihan, 24 di antaranya telah dilaksankan hari ini. Adapun untuk total pertandingan hingga final nanti adalah 95 pertandingan.(f@y/rif)

Berita Terkait