ITS News

Sabtu, 28 September 2024
10 Juni 2007, 12:06

Putaran 3 KRI 2007, Robot ITS Tak Terbendung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

G-RUSH, F4LCON, dan Q-NUMB ON, robot ITS yang menduduki tiga peringkat atas pada putaran pertama, tampil agresif di putaran ketiga. Bahkan, F4LCON mampu mencapai nilai victory. Sampai sejauh ini, hanya ada dua tim yang mampu victory yakni G-RUSH dan F4LCON.

Bertanding melawan robot The Akangs dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Q-NUMB ON menerjunkan satu robot manual dan tiga robot otomatis. Sedangkan The Akangs, tanpa sebab yang jelas hanya turun dengan dua robot otomatis. Padahal pengumpul nilai yang paling produktif adalah robot manual.

Walhasil, sejak pertandingan dimulai Q-NUMB ON pun berjaya. Apalagi dua robot otomatis The Akangs mengalami kemacetan. Situasi ini membuat Q-NUMB ON seakan bertanding tanpa lawan. Dan hasilnya dapat diprediksikan, Q-NUMB ON menang mutlak dengan nilai 12 lawan 0 untuk The Akangs.

Keadaan serupa juga dialami ulah G-RUSH. Turun dengan satu robot manual dan tiga robot otomatis, G-RUSH menantang THE CONDUCT dari Politeknik Negeri Padang. Namun, lagi-lagi pihak lawan mengalami kemacetan, robot manual THE CONDUCT tak dapat dijalankan. THE CONDUCT pun hanya mampu berharap pada dua robot otomatisnya yang ternyata juga tak berjalan dengan baik. Dan hasil akhir mutlak dimenangkan oleh G-RUSH dengan nilai 20 lawan 0.

Perlawanan Sengit Unmuh
Perlawanan baru dirasakan saat F4LCON bertanding UROTA-02 dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. UROTA-02 sempat tampil apik dengan robot otomatis meski saat membawa pearl robot tersebut macet. Sehingga pengumpulan pearl lebih diandalkan pada robot manualnya.

Menghadapi perlawanan dari UROTA-02, F4LCON tak ingin mengecewakan lawannya. F4LCON pun memamerkan kemampuan terbaiknya. Di awal pertandingan satu robot otomatis F4LCON langsung mengisi island milik lawan. Dan satu robot otomatis yang lain langsung menempatkan empat pearl pada dua island di tengah agar membentuk huruf V.

Dan di akhir pertandingan robot otomatis yang di awal menggebrak, turut menyumbangkan dua pearl. Sehingga dengan demikian F4LCON berhasil mencapai victory. Pertandingan berkhir dengan 16 untuk F4LCON dan 1 untuk UROTA-02.(f@y/rif)

Berita Terkait