ITS News

Sabtu, 28 September 2024
11 Juni 2007, 21:06

ITS Berlaga di Final ACM/ICPC Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ke-tujuh tim dari jurusan Teknik Informatika ITS ini berhasil melaju menjadi bagian dari 41 tim yang lolos seleksi di babak penyisihan. Babak penyisihan ini  telah diadakan pada Minggu (10/6) lalu, tim ITS yang masing-masing terdiri dari tiga orang ini mengikutinya dari Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika.

Total peserta ACM/ICPC Indonesia National Contest 2007 ini adalah 164 tim, 14 diantaranya adalah tim dari ITS. Sebanyak 12 tim dari jurusan Teknik Informatika dan 2 tim dari Program Studi Sistem Informasi.

Dari 14 tim ini, ITS berhasil meloloskan 7 tim, yang menamakan diri mereka Aphysoft, Gigabytez, J_conn, Khawaritsm, Mega_brain, Tri-Cool, dan Tridisu. Jumlah ini cukup bagus mengingat hanya kalah dengan tim tuan rumah dengan 11 tim. Perguruan tinggi lain dari Surabaya yang lolos dalam lomba tingkat nasional ini adalah Universitas Kristen Petra dengan tiga tim.

Pada babak penyisihan lalu, tim-tim ini diuji mengerjakan lima soal algoritma dan pemrograman dalam waktu tiga jam. Penilaian berdasar waktu pengerjaan dan jumlah jawaban benar. Tim yang lolos penyisihan akan berlaga langsung di Jakarta pada Sabtu (16/6) ini.

Mengingat katatnya persaingan, tim ITS berusaha untuk melakukan persiapan secara maksimal. “Kami tidak menargetkan juara, kelompok saya prinsipnya seperti itu, yang penting waktu perlombaan kita bisa mengerjakan dengan preparation yang maksimal. Dilihat dari peta kekuatan, lawan kita benar-benar wah, terutama tuan rumah,” terang Hadziq Fabroyir, anggota tim Khawaritsm.

Hadziq yang juga Mawapres Institut 2007 ini menjelaskan bahwa timnya sudah mencoba berlatih lewat soal-soal yang diberikan tahun lalu. Hal ini juga diungkap wakil ITS lain, Ridho Rahman. “Terus terang kami sudah jauh-jauh hari mempersiapkan, sekitar satu bulan kami koordinasi. Sehari setelah mendaftar langsung koordinasi,” terang anggota tim Gigabytez yang berada diperingkat 14 nasional penyisihan kemarin.

Rencananya, ketujuh tim akan berangkat Jumat ini ke Universitas Bina Nusantara di Jakarta. Saat ini tim-tim ini sedang melakukan persiapan lanjutan. Meski demikian Ridho mengaku perhatian timnya agak terbagi dengan UAS yang akan diadakan pekan depan.(rif/ftr)

Berita Terkait