ITS News

Sabtu, 28 September 2024
21 Juni 2007, 17:06

ITS Kukuhkan Bersama Lagi Dua Guru Besar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengukuhan secara bersama-sama kini memang kerap dilakukan di ITS. Terakhir dilakukan oleh dua mantan Pembantu Rektor masing-masing Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng dengan Prof Ir Syarief Widjaja Ph.D. Terhadap pengukuhan bersama-sama ini, Triyogi mengatakan, dilakukan untuk lebih mengefektifkan waktu saja, karena ke depan dengan makin banyaknya calon-calon guru besar, dan jika nanti dilakukan satu per satu, rasanya kampus akan selalu punya agenda berdekatan untuk melakukan pengukuhan,” jelasnya.

Dulu, kata Triyogi menambahkan, karena untuk memperoleh jabatan guru besar begitu lama prosesnya, sehingga perguruan tinggi juga jarang melakukan pengukuhan, sehingga seringkali dilakukan satu per satu. ”Tapi seingat saya dulu juga ada banyak yang dikukuhkan secara bersama-sama, diantaranya pengukuhan Prof Nyoman Sutantra dengan Prof Putu Raka, Prof Supeno Djanali dengan Prof Handayani, Prof Noor Endah dengan Prof Indra Surya,” terang Triyogi.

Triyogi menambahkan, hal itulah yang menjadi alasan pengukuhan secara bersama.”Karena pertimbangan itulah antara lain yang menyebabkan kami berdua kali ini juga melakukan acara pengukuhan secara bersama-sama, apalagi fakultas dan bidang kami boleh dibilang sangat bersinggungan dan awalnya dalam satu jurusan. Jadi mudah-mudahan kedua materi orasi pengukuhan nanti pun bisa bersinggungan,” katanya.

Apa pidato pengukuhan yang akan disampaikan Triyogi dan Sulistiyono? Triyogi yang diangkat sebagai guru besar dalam bidang Mekanika Fluida akan menyampaikan orasi pengukuhan yang diberi judul ”Tinjauan Dinamika Fluida pada Silinder Sirkuler Teriris sebagai Bentuk Alternatif dalam Aplikasi Teknik”, sedang orasi Sulistijono yang diangkat menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Pengendalian Korosi diberi judul ”Aplikasi Pengendalian Korosi dalam Aspek Kehidupan dan Dunia Industri.” (Humas/jie)

Berita Terkait