ITS News

Sabtu, 28 September 2024
22 Juni 2007, 19:06

Kotak Berjalan, Jaring Aspirasi Cadek FMIPA

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ini terlihat pada jurusan Matematika yang menyediakan kotak suara khusus bagi dosen dan mahasiswa. Sedangkan untuk karyawan, penjaringan dilakukan di fakultas. Yang unik, pada hari terakhir pencoblosan Kamis (21/6), panitia menggotong kotak suara mahasiswa di depan kelas T101, tempat mereka berkumpul setelah ujian. Memang minggu ini mahasiswa mengikuti Ujian Akhir Semester Genap (UAS) 2006-2007. Selain itu, juga untuk memenuhi surat suara mahasiswa yang hanya disediakan 200 buah.

Berbagai komentar pun dilontarkan mahasiswa dan karyawan. Sebagian besar dari mereka mengaku malah belum tahu. “Wah nyoblos ya pak, siapa saja sih calonnya,” kata Putri, salah seorang mahasiswi, setelah selesai ujian akhir semester. Bahkan salah satu pegawai jurusan ada yang berkomentar, “Saya belum milih. Tapi ya percuma saja, meskipun kita punya suara, menurut saya itu hanya formalitas saja. Yang punya memutuskan pasti senat, seperti pemilihan rektor lalu,” tuturnya.

Sebagai informasi, jumlah karyawan MIPA sekitar 295 pegawai, sedangkan untuk mahasiswa tercatat 1947 orang. ”Kalau di sini, dosen sudah milih. Sedangkan kalau mahasiswa hampir 200 mahasiswa Matematika yang ikut memilih. Itu sudah memenuhi kuota yang disediakan. Sebenarnya sih mewakili tiga angkatan saja sudah cukup. Tapi yang ikut nyoblos dari angkatan 2002 hingga 2006,” ungkap Muhtadi, panitia pemilihan jurusan Matematika.

Memang, untuk memilih empat calon dekan MIPA, seluruh elemen civitas pun dilibatkan, tak terkecuali mahasiswa. Dari empat calon dekan yang terpilih, senat lah yang nantinya berhak memutuskan siapa dekan-nya.

Sembilan bakal calon dekan yang ikut dalam penjaringan ini yaitu Dr Triwikantoro Rernat MSC dari jurusan Fisika, Drs. Suharmadi Dipl Sc M.Phyl dan Dr Dra Erna Apriliani MSi dari Matematika; Prof Drs Nur Iriawan MI Komp PhD dan Ir Arie Kismanto MSc dari Statistika; Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, Dr RY Perry Burhan MSc, Dr Surya Rosa Putra MS serta Ir. Endang Purwanti Setyaningsih MT dari Kimia. Hanya program studi Biologi dan jurusan MKU yang tidak mengirimkan wakilnya. (th@/jie)

Berita Terkait