ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 Juli 2007, 08:07

Daftar Ulang, Utamakan Kenyamanan Peserta PMDK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Calon mahasiswa PMDK yang melakukan daftar ulang tersebut antara lain berasal dari jalur PMDK Berprestasi, Beasiswa, dan Reguler. Dengan rincian 12 orang dari PMDK Berprestasi, 20 orang PMDK Beasiswa, dan sisanya adalah PMDK Reguler. Dibandingkan tahun lalu, jumlah maba dari tiga jalur PMDK tahun ini naik sebanyak sepuluh orang.

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, para calon maba ini harus melakukan serangkaian alur administrasi dalam daftar ulang mulai dari penyerahan berkas, entry data, hingga foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Hanya saja pelaksanaan proses administrasi tersebut tak sepenuhnya berpusat di gedung SCC sebagaimana tahun lalu. Teknisnya, penyerahan berkas-berkas dilakukan di gedung SCC dan entry data serta foto dilakukan di gedung BAAK ITS.

Mengapa dibagi dalam dua tempat? R. Harry Santoso, kepala BAAK ITS menegaskan ada beberapa alasan mengapa kegiatan daftar ulang tak sepenuhnya dipusatkan pada satu tempat, gedung SCC atau BAAK saja."Gedung SCC ini kan bukan milik kami, khususnya yang lantai dua. Jadi untuk di SCC ini kita hanya memanfaatkan lantai satu saja," tutur Harry.

Selain itu, lanjut Harry, penempatan peserta daftar ulang PMDK di gedung SCC ini juga bertujuan untuk memberikan kesan nyaman bagi calon maba ketika mereka pertama kali masuk ITS."Faktor kenyamanan adalah prioritas kami. Masuk seneng karena ruangnya luas, masuk juga sudah dikenalkan dengan komputer bahkan dipandu bagaimana entry data," ujar Harry.

Apa yang diutarakan Harry memang beralasan. Sejak masuk ke gedung SCC, peserta daftar ulang memang telah disambut dengan ramah oleh petugas yang ada di sana. Bahkan mereka juga dipandu step by step bagaimana caranya entry data di komputer.

Adapun untuk menangani proses entry data, pihak BAAK telah menyiapkan sepuluh komputer. Dan untuk menangani kemungkinan adanya peserta yang belum tahu akan komputer, panitia juga telah menugaskan asisten pada tiap komputernya.

Setelah melakukan daftar ulang, peserta juga diharuskan mengikuti pretest pada hari itu juga. Pretest ini bertujuan untuk menjaring siapa saja yang harus mengikuti penyegaran materi atau matrikulasi sebelum perkuliahan yang sebenarnnya berlangsung.

Selanjutanya pada hari Kamis (5/7) ini para mahasiswa baru akan mengikuti test kesehatan yang diadakan di Medical Centre ITS.(f@y/rif)

Berita Terkait