ITS News

Sabtu, 28 September 2024
03 Agustus 2007, 14:08

DPRD Jatim Gandeng ITS Untuk Tingkatkan Mutu SDM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain ITS, dua PTN lain di Jatim juga mendapat kepercayaan yang sama. Yakni Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang. Kerjasama yang dituangkan dalam bentuk MoU dengan DPRD Jatim ini merupakan kali pertama bagi ITS.

”Kerjasama strategis dengan menggandeng perguruan tinggi ini kami harapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Jatim nantinya,” kata Fathorrosjid, ketua DPRD Jatim dalam sambutannya usai penandatanganan MoU dengan ketiga PTN tersebut.

Sebab, lanjut Fathorrosjid, kerjasama ini membantu meningkatkan kinerja fungsi-fungsi dewan dalam menindaklanjuti tuntutan masyarakat. ”Masih banyak beberapa aspek permasalahan di masyarakat yang belum terselesaikan selama ini, dengan adanya kerjasama ini diharapkan bisa segera teratasi,” ujarnya optimistis.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama dengan DPRD Jatim sebenarnya sudah cukup lama terjalin, tapi baru kali dituangkan dalam bentuk MoU sebagai payung hukum yang sah. ”Bahkan bisa dibilang hubungan yang terjalin antara ITS atau PTN-PTN lain dengan DPRD Jatim ini sudah seperti pacaran,” tutur Probo memberikan perumpamaan.

Dalam hal ini, Probo menyebut hubungan kerjasama seperti ini dengan sebutan politisi ABG (Academic, Businessman, Government). ”Politisi ABG seperti ini, kami harap benar-benar mampu memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat di Jatim,” tandasnya.

Lebih lanjut Probo menjelaskan, kerjasama dengan jangka waktu lima tahun ini antara lain mencakup dua hal. Pertama, untuk pengembangan SDM di bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Kedua, untuk meningkatkan kesejahteraan dengan mencerdaskan kehidupan bangsa. (humas/asa)

Berita Terkait