ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
13 Januari 2021, 21:01

YoonA, Inovasi Produk Hijab Berhias Ornamen Khas Korea

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News – Melihat banyaknya perihal Korea yang menjalar di masyarakat Indonesia, empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginovasikan produk hijab printing yang unik. Variasi hijab bernama YoonA (윤아) Scarf ini menampilkan ornamen khas kota-kota di Korea Selatan seperti Busan, Seoul, Sokcho, dan Jeju. 

Ialah Davita Wulansari Dewi, Widya Dwi Anggraini, Sausan Hamada, Muhammad Wildan Wijaya, dan Sofyan Abidin yang berhasil mencetuskan ide hijab bermotif unik tersebut. Keempatnya tergabung dalam startup mahasiswa ITS yang bernama Dave.id.

Menurut Chief Operational Officer (COO) Dave.id, Sofyan Abidin, hijab YoonA (윤아) yang bermakna sangat cantik ini dikemas dengan tema musim-musim di Korea. Selain itu, setiap variasi juga menghadirkan kesan warna yang seakan menggambarkan cerahnya pagi hari maupun indahnya malam hari.

Berbagai produk Dave.id juga dapat dilihat melalui halaman www.daveindonesia.comSelain memanfaatkan tren kaum muda yang tertarik dengan budaya Korea, banyaknya wanita muslim di Indonesia membuat bisnis tersebut memiliki peluang besar untuk berkembang. “Produk hijab yang mengangkat motif Korea seperti ini juga hampir belum pernah dijumpai dalam pasar saat ini,” ujar mahasiswa tahun ketiga tersebut.

Produk Hijab YoonA (윤아) Scarf dengan variasi Spring on Jeju Day (kiri) dan Summer in Busan Day (kanan)Ditanyai terkait pemasaran, Dave.id mengaku memanfaatkan berbagai marketplace dan sosial media. Tujuannya, agar usahanya bisa menjangkau pembeli di seluruh Indonesia. “Tantangan besarnya adalah bagaimana mempromosikan produk ini ke masyarakat luas,” ungkap peraih pendanaan Kegiatan Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2020 ini.

Sofyan pun menambahkan, untuk mengatasi daya beli masyarakat yang menurun di tenah pandemi Covid-19, Dave.id pun mengusung promo menarik bagi para pembeli. Ia pun berharap mampu memperluas pasar dengan menggandeng beberapa toko hijab. “Sehingga bisa saling menguntungkan bagi kami maupun mereka,” akunya.

Seluruh anggota tim Dave.id yang dibimbing oleh dosen Departemen Manajemen Bisnis, Berto Mulia Wibawa SPi MM

Sebagai informasi, selain hijab bermotif Korea, bisnis yang dirintis sejak 2018 ini juga telah meluncurkan hijab dengan mengangkat kearifan lokal Indonesia, yakni motif Bali dan Jogja. Dalam memenuhi selera pembeli, Dave.id juga menjual produk hijab polos dan beberapa aksesoris perempuan muslim lainnya. (sof/hen)

 

Berita Terkait