ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
15 Februari 2021, 18:02

Mahasiswa ITS Ulurkan Bantuan Bagi Penyintas Banjir Jombang

Oleh : itschi | | Source : ITS Online

Penyerahan bantuan oleh Ikatan Mahasiswa Jombang (IMJ) kepada kepala desa setempat. 

Jombang, ITS News Musibah banjir yang menerjang Jombang beberapa hari terakhir tidak luput dari perhatian sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Lewat sejumlah mahasiswanya yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Jombang (IMJ), ITS menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa sembako, kompor, elpiji, selimut dan beberapa kebutuhan harian lain. Bantuan ini diulurkan kepada penyintas banjir di Desa Banjaragung, Bareng, Jombang.

Penganggung jawab (PIC) penyaluran bantuan ini, Wida Ayu Astari mengungkapkan bahwa proyek ini merupakan salah satu upaya membantu korban bencana di daerah terdampak. Di samping itu, menurutnya, kegiatan kemanusiaan ini juga bertujuan guna menumbuhkan kepedulian dan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. “Terlebih lagi, daerah Jombang ini merupakan rumah bagi mahasiswa ITS yang tergabung dalam IMJ,” tutur perempuan yang disapa Wida ini.

Wida menceritakan, bantuan yang berhasil dikumpulkan merupakan hasil donasi dari ITS Tanggap Bencana. Selanjutnya, dana tersebut dibelanjakan sesuai kebutuhan korban bencana dan dikumpulkan menjadi satu ke balai desa setempat. Kemudian, Wida dan tim menyortir dan mengemas sembako tersebut sebelum membagikannya ke warga setempat, Kamis (4/2) lalu.

Kondisi Desa Banjaragung Jombang pasca terendam banjir.

Wida mengatakan, bantuan sembako ini disalurkan kepada masyarakat melalui rekomendasi Kepala Desa Banjaragung. Yang mana sebelumnya, kepala desa bersama timnya telah menentukan kategori warga desa yang paling membutuhkan bantuan ini. “Jadi, kami (IMJ) hanya perlu bertugas membantu pihak desa dalam membagikan bantuan kepada masyarakat terdampak,” ujar perempuan berjilbab ini.

Berdasarkan keterangan Wida, kondisi di lokasi saat ini sudah jauh membaik. Genangan air sudah mulai surut dan jalur-jalur distribusi logistik ke pemukiman warga sudah dapat diakses oleh kendaraan bermotor. “Masyarakat disini juga sudah mulai berbenah untuk kembali ke kediaman masing-masing,” terang mahasiswi Departemen Teknik Lingkungan ITS tersebut.

Bantuan sembako yang berhasil dihimpun oleh IMJ dan akan disalurkan kepada warga terdampak.

Meski begitu, Wida mengakui, kegiatan penyaluran bantuan ini sempat terkendala oleh akses jalan yang licin. Hal ini wajar, mengingat lokasi bencana merupakan desa di kawasan pegunungan. “Kami sempat kesulitan untuk menuju lokasi, namun kendala ini akhirnya dapat teratasi,” imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan respon aktif yang diberikan sivitas akademika ITS dalam menjalankan tugasnya dalam kegiatan pengabdian untuk masyarakat. Kepada ITS Online, Wida berharap dapat terus memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam. “Tidak hanya membantu di wilayah Jombang, tetapi di jangkauan yang lebih luas,” pungkasnya penuh harap.*

Reporter: Erchi Ad’ha Loyensya
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait