ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
14 Februari 2021, 11:02

Semifinal IE Games Hadirkan Permainan Menarik dan Pengalaman Kampus

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Peserta dan Panitia IE Games 16th Edition menghadiri semifinal pada hari pertama

Kampus ITS, ITS News — Rangkaian acara Industrial Engineering (IE) Games 16th Edition telah sampai pada tahap semifinalnya. Kali ini, 30 tim peserta akan disuguhi berbagai permainan yang akan menentukan kelanjutan tim mereka dalam kompetisi ini, tak lupa dengan memberikan cuplikan mengenai dunia perkuliahan. Kegiatan yang merupakan ikon dari Departemen Teknik Sistem dan Industri (DTSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menggelar tahap semifinalnya selama tiga hari sejak Jumat (12/2) lalu.

Ketua IE Games edisi ke-16 Muhammad Imam Maulana, menjelaskan bahwa acara tahunan DTSI ini selalu dikenal dengan keseruannya. Puncak dari keseruan ini berada pada tahap semifinal dan finalnya dimana peserta yang merupakan siswa SMA dari seluruh Indonesia akan ditantang dengan berbagai permainan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Permainan utama yang disediakan panitia merupakan TTS (teka teki silang) dan juga Betting (lelang). Pada bagian TTS, setiap tim peserta akan dibagi ke dalam ruangannya masing-masing untuk mengisi TTS dengan dipandu oleh panitia. Kemudian pada bagian Betting, peserta akan diajarkan sekaligus berpartisipasi langsung dalam proses  pelelangan menggunakan ilmu teknik industri.

Suasana IE Games 16th Edition ketika peserta sedang mengisi TTS

Tentunya kegiatan IE Games berada dalam naungan DTSI, sehingga semua permainan ini dikemas dengan keilmuan teknik industri. “Karena pada akhirnya pemenang akan mendapat free pass masuk DTSI ITS, jadi kita tentu perlu menyaring tim peserta yang kompeten dalam bidang tersebut,” jelas mahasiswa yang kerap disapa Imam ini.

Sejalan dengan yang dijelaskan sebelumnya, mahasiswa DTSI angkatan 2019 ini mengungkapkan bahwasanya selain disuguhi permainan, IE Games kali ini pun memberikan cuplikan kepada para peserta mengenai pengalaman kampus khususnya di DTSI ITS.

Rangkaian tahap semifinal pun memiliki sesi Class of IECE yang merupakan kelas singkat tentang mata kuliah pengantar pada DTSI. “Selain itu kami juga memiliki sesi Virtual Lab Tour dimana akan diputarkan video profil dari setiap laboratorium yang ada di DTSI ITS,” ucapnya.

Tak lepas dari tema Optimizing Industrial Capabilities through Start-Up Company, semifinal IE Games kali ini pun turut mengadakan Company Visit dari salah satu pionir start-up di Indonesia yaitu Gojek. Agenda ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melihat secara langsung bagaimana sistem kerja dan prinsip dalam membangun start-up hingga sukses.

IE Games 16th Edition mengadakan Company Visit dari salah satu perusahaan besar Indonesia, Gojek

Imam menambahkan, meskipun seluruh rangkaian kegiatan dibuat dengan konsep permainan, tetapi tidak melupakan bahwa acara ini merupakan kompetisi. “Pada setiap permainan, peserta akan dinilai dan akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan lima tim terbaik yang akan memasuki babak final,”  tutur alumni IE Games pada edisi ke-14 ini.

Kegiatan seperti Company Visit pun mewajibkan para peserta untuk membuat suatu pemodelan Computer Integrated Manufacturing Open System Architecture (CIMOSA) setelah pemaparan dari Gojek. Begitu juga dengan Class of IECE yang mengadakan Do or Die berupa final examination yang akan memberikan pengalaman berkuliah itu.

Meskipun dalam keadaan pandemi yang serba daring ini,  IE Games tetap berusaha untuk memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pesertanya. Dengan mengikuti ini, para peserta diharapkan bisa mendapatkan gambaran bagaimana proses belajar di DTSI ITS. “Semoga pengalaman yang diberikan panitia bisa digunakan oleh mereka untuk menentukan pilihan kedepannya,” pungkas Imam. *

 

Reporter: Muhammad Miftah Fakhrizal

Redaktur: Luthfi Fathur Rahman

Berita Terkait