ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Juli 2007, 10:07

Kuliah Tamu Teknik Geomatika, Berbagi Cerita Dengan Alumni

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kekhawatiran terhadap dunia kerja selama ini yang kebanyakan dialami oleh mahasiswa Teknik Geomatika ITS terjawab sudah. Sebanyak enam orang alumni Teknik Geomatika ITS yang kini telah menempati di berbagai profesi kerja memberikan keyakinan terhadap tantangan dunia kerja yang kini makin bersaing.

Judul ini dianggap penting untuk diangkat sebagai pembahasan dalam kuliah tamu. ”Sangat bermanfaat memberikan wacana tentang dunia kerja bagi mahasiswa agar tak ragu lagi dengan bidang yang saat ini dipelajarinya. Apalagi ini cerita langsung dari alumninya,” ucap Nurcahyadi ST, ketua panitia sekaligus staf pengajar Teknik Geomatika ITS.

Dalam prospek kerja di bidang geomatika sangat terbuka lebar. Karenanya bidang geomatika ini dapat bersinergi dengan semua bidang keilmuan. Dari urusan survey yang berkaitan dengan kebumian hingga teknologi berbasis sistem informasi. Untuk itu, Keberadaannya sangat fleksibel dan cangkupannya sangat luas. Hal ini sebagaimana yang diutarakan oleh Andi Dediyono ST, alumni angkatan 2000 yang kini menjadi direktur di salah satu perusahaan konsultan di Padang Panjang, Geo Msoic Indonesia (GMI).

Kenyataan itu diperkuat dengan materi yang disampaikan oleh Arif Laila ST yang kini menjadi salah satu staff pengajar Teknik Geodesi Universitas Dipenogoro. ”Saat ini di Indonesia kebutuhan tenaga teknik geomatika mencapai 30%. Hal ini dilihat dengan keadaan alam yang masih memungkinkan untuk diexplore. Apalagi sekarang lulusan teknik geomatika masih sangat sedikit. Jadi jangan takut untuk bersaing,” kata Arif.     

Pengalaman organisasi nampaknya menjadi nilai tambah bagi fresh graduate dalam menjajaki dunia kerja. Tak hanya kemampuan secara akademik, namun juga diperlukan kemampuan secara soft skill seperti kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan. ”Hal itu semua hanya didapat bila adik-adik bisa aktif berorganisasi selama kuliah. Makanya manfaatkan waktu yang masih ada untuk mendapatkan pengalaman berorganisasi,” ujar Siti Aisyah ST, alumni angkatan 2000 sekaligus staf Pemkot Surabaya.

Lewat cerita pengalaman yang telah dialami para alumni tersebut, peserta kuliah tamu yang terdiri dari mahasiswa Teknik Geomatika ITS tak lagi ragu dengan prospek kerja yang berkaitan dengan bidang geomatika. ”Kuliah tamunya bagus sekali. Sangat bermanfaat buat teman-teman mahasiswa, biar gak blank kira-kira besok kerja mau jadi apa,” tutur mahasiswa bernama lengkap Johan Septi Farobi.(han)

Berita Terkait