ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
25 Februari 2021, 19:02

Abmas ITS Beri Hibah Multimedia Kepada Panti Asuhan

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Ketua Tim Abmas ITS, Victor Hariadi SSi MKom (kanan) memberikan hibah kepada pihak Panti Asuhan Arif Rahman Hakim.

Kampus ITS, ITS News — Tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberikan hibah peralatan multimedia kepada Panti Asuhan Arif Rahman Hakim. Selain menyerahkan peralatan berupa monitor LED 32 inch serta laptop, tim juga mengadakan pelatihan Microsoft Powerpoint untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sana

Ketua tim, Victor Hariadi SSi MKom, menjelaskan bahwa pemberian hibah didasarkan pada kesulitan yang dialami panti dalam mengumumkan informasi kegiatan. Ia bercerita, selama ini pengumuman kegiatan selalu menggunakan media kertas, sehingga isi pengumuman tidak tersampaikan pada seluruh penghuni. “Akibatnya, jumlah partisipasi penghuni panti yang mengikuti kegiatan tidak maksimal,” jelasnya.  

Pemberian pelatihan pengoperasian laptop dan penggunaan Microsoft Powerpoint kepada anak panti asuhan.

Untuk itu, dikatakan Victor, monitor yang dihibahkan akan digunakan sebagai papan pengumuman. Nantinya, 30 anak penghuni panti asuhan akan diberi kesempatan untuk mengelola papan pengumuman itu sendiri. Mereka akan ditantang untuk membuat berbagai model pengumuman, seperti tulisan sampai animasi. “Perangkat ini akan menjadi media belajar, sekaligus bermain yang menyenangkan bagi anak-anak panti,” tuturnya.

Sedangkan terkait hibah laptop, Victor menerangkan, tim Abmas ITS juga menyediakan modul panduan penggunaan laptop yang disusun oleh tim sendiri. Tidak hanya itu, Ia juga mengungkapkan bahwa tim turut memberikan pelatihan pengoperasian Microsoft Powerpoint kepada anak-anak panti asuhan tersebut.

Panti Asuhan Arif Rahman Hakim yang menjadi tempat pengabdian masyarakat Tim Abmas ITS.

Victor berharap, hibah ini dapat dimanfaatkan oleh yayasan panti asuhan secara optimal, terutama dalam mengasah kemampuan multimedia anak asuh panti. Ia juga berharap yayasan panti asuhan akan lebih sering menerima bantuan dalam bidang teknologi informasi di masa mendatang. “Dengan begini, anak panti asuhan dengan rentang umur yang beragam dan minat yang berbeda bisa memiliki wadah untuk berekspresi dan bereksplorasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Muhammad Miftah Fakhrizal
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait