ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
21 Maret 2021, 10:03

DSC Motivasi Mahasiswa untuk Ikuti Lomba

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News — Pandemi bukanlah penghalang mahasiswa untuk terus berprestasi melalui berbagai ajang perlombaan. Dengan keyakinan itu, Diploma Sipil Champion (DSC) memotivasi mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknik Sepuluh Nopember (ITS) untuk mengikuti lomba. 

Mengawali pembicaraan, Rizki Rahman Robbani mengungkapkan bahwa untuk menjuarai suatu perlombaan diperlukan kerja sama tim yang kuat. Menurutnya, tim yang memiliki visi dan tujuan  yang sama mampu untuk saling melengkapi satu sama lain. “Di samping itu juga diperlukan pemahaman tentang perlombaan agar memudahkan kita dalam mengetahui aspek penilaian,” tambahnya.

Tak hanya itu, Rahman, sapaan akrabnya juga bercerita bahwa pengalaman mengikuti lomba telah membawa banyak dampak positif bagi dirinya. Di antaranya menambah pengalaman, serta dapat membangun relasi dengan orang baru. “Yang paling penting, kita juga dikelilingi dengan orang yang positif dan memiliki pemikiran inovatif,” ungkapnya dalam kegiatan yang dilaksanakan Rabu (3/3).

Menimpali pembahasan Rahman, Galih Syifa’ul Ummah mengungkapkan, manfaat lain yang dapat diperoleh jika sering mengikuti perlombaan ialah mampu mengasah pola pikir. Dengan kata lain, semangat mengikuti lomba ini secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuan berpikir. “Sehingga, akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah, “ sambung mahasiswa berprestasi jenajang diploma itu.

Kemudian, perkara profesionalitas dan tanggung jawab juga dilirik oleh Galih. Pasalnya saat mengikuti lomba, seorang mahasiswa akan dituntut untuk menyelesaikan tantangan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. “Ibaratnya saat diberi amanah untuk mengerjakan sesuatu kita akan berusaha menjalankannya bukan? Terlepas dari kesulitan yang mungkin kita temui,” ujarnya dalam agenda yang menyasar mahasiswa 2020 ini.

Lebih lanjut, Galih juga membagikan tips agar para mahasiswa bisa semangat untuk mengikuti lomba. Baginya, cara paling ampuh adalah dengan berteman dengan mereka yang gemar mengikuti kompetisi. “Jujur ketika melihat teman-teman mendapatkan juara, saya pun terpacu untuk mengikuti lomba,” papar mahasiswa angkatan 2017 ini.

Menutup sesi motivasi, Yusril Bastian berpesan agar dalam mengikuti perlombaan harus diiringi dari niat untuk apa mengikuti perlombaan tersebut. Tanyakan pada diri sendiri apa tujuan mengikuti lomba ini. “Upayakan niat mengikuti lomba itu agar bisa bermanfaat untuk orang lain,” pungkasnya mengakhiri kegiatan yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Diploma Sipil (HMDS). (*)

suasana kegiatan foto bersama secara online di akhir talkshow

 

Reporter: ion25

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait