ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
21 Maret 2021, 21:03

DPTSI ITS Gelar Pelatihan Microsoft Power Platform

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Kegiatan pelatihan Microsoft Power Platform secara daring melalui Microsoft Teams

Kampus ITS, ITS News – Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DPTSI ITS) menggelar Pelatihan Microsoft Power Platform untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik). Kegiatan yang dilakukan secara daring ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pemanfaatan platform tersebut dalam membantu proses belajar mengajar.

Kepala Sie Hubungan Pelanggan dan Perencanaan Bisnis DPTSI ITS, Dini Adni Navastara SKom MSc, menerangkan bahwa kegiatan ini diadakan karena terdapat beberapa dosen dan tendik ITS yang masih kurang mengenal Microsoft Power Platform. “Mereka bahkan ada yang belum familier dan belum mengenal beberapa produk dari Microsoft selain Microsoft Office,” terangnya.

Kegiatan pelatihan ini pun memuat tiga materi utama yaitu Memantau Keberhasilan Pendidikan di Perguruan Tinggi dengan Power BI, Membuat Aplikasi Penjadwalan Belajar Mengajar Menggunakan Power Apps, serta Membuat dan Menerbitkan Chatbot dengan Power Virtual Agents. Adapun ketiga materi tersebut disampaikan oleh dua pemateri yang telah bersertifikasi Microsoft, yaitu Rinaldi dan Ridi Ferdian.

Materi pengenalan tentang Microsoft Power Platform

Dini, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa peserta kegiatan pelatihan ini juga dituntut untuk langsung mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Setiap materi juga disediakan beberapa studi kasus yang harus diselesaikan peserta menggunakan Microsoft Power Platform. “Hal ini dilakukan agar kita mengetahui tingkat pemahaman peserta melalui pelatihan ini,” ujar Dosen Teknik Informatika ITS ini.

Ia menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat beberapa kendala terutama dalam hal penentuan hari pelaksanaan. Hal ini karena sebanyak 300 dosen dan tendik sebagai peserta pelatihan ini memiliki kesibukan masing-masing yang cukup menyita waktu. “Namun dari kita sudah menyiapkan video rekaman agar mereka yang berhalangan tetap dapat menerima materi,” tambahnya.

Pembawaan materi pengenalan Power Apps

Namun dibalik itu, kegiatan pelatihan ini juga mendapat respons positif dari peserta yang hadir. Para peserta mengaku sangat antusias mendapatkan pengetahuan dan pemahaman seputar Microsoft Power Platform untuk mempermudah pekerjaan. “Meskipun koneksi internet yang kurang stabil sempat dialami, hal itu tidak menurunkan semangat mereka,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kemampuan dosen dan tendik dalam memanfaatkan produk Microsoft Power Platform tersebut. DPTSI ITS sendiri juga akan mengadakan kegiatan sejenis lainnya untuk membantu sivitas akademika ITS memaksimalkan produk yang telah dilanggan ITS. “Kami juga rencananya akan mengadakan pelatihan kemampuan pemrograman untuk mahasiswa nantinya,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: ion 9

Redaktur : Septian Chandra Susanto

Berita Terkait