ITS News

Jumat, 27 September 2024
30 Oktober 2007, 16:10

ITS Dapatkan Hibah Maritim Asia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS menjadi salah satu diantara dua penerima hibah bergengsi ini. Universitas lain yang mendapatkan hibah ini adalah Istanbul Maritime University Turki. Pengakuan internasional berupa hibah ini memuluskan jalan ITS sebagai perguruan tinggi dengan reputasi dunia.

Eichi Kobayashi, perwakilan dari Kobe University yang saat itu hadir mengatakan bahwa hibah ini nantinya akan dipergunakan untuk meningkatkan riset mengenai transportasi laut. Khususnya lalu lintas kapal dengan ukuran besar. Kobayashi menjelaskan lebih lanjut bahwa alat ini juga dapat diintegrasikan dengan alat pendeteksi tsunami, sehingga mampu meminimalisir kecelakan di laut akibat tsunami.

Alat bernama Automatic Identification System (AIS) ini rencananya akan segera dipasang di jurusan Teknik Sistem Perkapalan pada hari itu juga. Ketut Buda Arthana, penanggung jawab program hibah ini mengatakan bahwa nantinya alat ini juga dapat dimanfaatkan oleh jurusan lain di ITS, bukan hanya jurusan Teknik Sistem Perkapalan saja. ”Alat ini juga berhubungan erat dengan bidang informatika dan geografi,” ujar Ketut.

Ketut, yang juga alumnus dari Kobe University, mengatakan bahwa diharapkan nanti dengan hadirnya alat ini mampu memicu riset mengenai transportasi kelautan yang lebih maju. ”Saya berharap akan ada kelompok riset multidisiplin yang fokus mengembangkan bidang ini,” harap Ketut.

Pada seminar penyerahan hibah ini sendiri dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan. Tampak beberapa orang yang hadir dari Sekolah Tinggi Angkatan Laut, Pelindo, Badan Klasifikasi Indonesia, bahkan dari pihak mahasiswa sendiri. (ap/rif)

Berita Terkait