ITS News

Selasa, 30 Juli 2024
13 Maret 2021, 19:03

Alumni Fakultas Teknologi Kelautan Sumbang Donasi untuk Dana Abadi ITS

Oleh : adminwebits | | Source : http://its.ac.id/
Penyerahan secara simbolis sertifikat penghargaan dari Rektor ITS kepada segenap pengurus Alfatekelits atas kontribusi dalam program penggalangan Dana Abadi ITS

Penyerahan secara simbolis sertifikat penghargaan dari Rektor ITS kepada segenap pengurus Alfatekelits atas kontribusi dalam program penggalangan Dana Abadi ITS

Kampus ITS, ITS News – Dalam rangka mendukung perkembangan dan pembangunan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menuju perguruan tinggi berkelas dunia, pengurus Ikatan Alumni Fakultas Teknologi Kelautan ITS (Alfatekelits) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) memberikan sumbangan donasi yang diperuntukkan sebagai Dana Abadi (Endowment Fund) ITS. Kegiatan tersebut dilaksanakan saat acara serah terima yang diselenggarakan secara daring, Jumat (12/3) malam.

Acara ini dihadiri jajaran pengurus Alfatekelits, Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) serta petinggi ITS baik di lingkungan Rektorat maupun Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). Acara serah terima ini adalah sesi penutup dari rangkaian acara 2nd Alfatekelits Golf Tournament (AGT 2021) yang diselenggarakan mulai 28 Februari lalu.

Ketua Alfatekelits wilayah Jabodetabek, Gigih Retnowati ST MT dalam sambutannya mengatakan, dana donasi tersebut berasal dari saldo kegiatan AGT 2021 yang dihimpun dari dana partisipan dan dana sponsor. Lebih lanjut, Gigih menjelaskan, kegiatan AGT akan dilaksanakan setiap tahun dan hasil dari kegiatan tersebut didedikasikan untuk Dana Abadi ITS.

Dalam laporan penyerahan donasi yang dipaparkan oleh perwakilan peserta AGT 2021, Moko Priambodo, dijelaskan bahwa besaran dana yang berhasil terkumpul pada kegiatan AGT 2021 sejumlah Rp 585 juta. Dikurangi dengan pengeluaran selama acara, maka didapat saldo akhir sejumlah Rp 29,7 juta. “Dana inilah yang akan diserahterimakan sebagai Dana Abadi ITS,” terangnya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng memberikan sambutannya dalam acara penyerahan donasi Dana Abadi ITS oleh Alfatekelits

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng memberikan sambutannya dalam acara penyerahan donasi Dana Abadi ITS oleh Alfatekelits

Hadir pula dalam acara tersebut Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Dalam pidatonya Ashari mengatakan, sejak badan Endowment Fund dibentuk pada tahun 2017, ITS kini telah menghimpun dana abadi sebanyak Rp 6,2 miliar. Ia menargetkan pada tahun 2025 Dana Abadi ITS akan terhimpun sebanyak Rp 50 miliar dan pada tahun 2030 akan meningkat 400 kali lipat menjadi Rp 20 triliun.

Sesuai dengan namanya, Dana Abadi ITS adalah dana yang bersifat abadi dan dikelola secara khusus. Hasil dari pengelolaannya dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan di dalam maupun di luar kampus, tanpa mengurangi nilai pokok dari dana tersebut. “Dana akan diinvestasikan ke bisnis dan keuntungan investasi itulah yang dimanfaatkan,” sambungnya.

Terkait pemanfaatannya, Ashari mengungkapkan dana abadi bertujuan untuk membantu mahasiswa yang kekurangan, membangkitkan penelitian dan jiwa kewirausahaan mahasiswa. “Tujuannya agar mahasiswa ITS dapat bersaing secara global,” tuturnya.

Melanjutkan penjelasan Ashari, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD menerangkan, saat ini penggunaan dana abadi akan diprioritaskan untuk program beasiswa mahasiswa ITS. “Beasiswa juga kami peruntukkan untuk keluarga dari sivitas akademika ITS yang telah berpulang karena pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Prosesi acara penyerahan donasi Alfatekelits Golf Tournament 2021 untuk Dana Abadi ITS secara virtual

Prosesi acara penyerahan donasi Alfatekelits Golf Tournament 2021 untuk Dana Abadi ITS secara virtual

Mengakhiri acara, Gigih berharap, kegiatan penyerahan donasi oleh Alfatekelits ini dapat menjadi pemicu ikatan alumni departemen lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa dalam rangka membantu Dana Abadi ITS. “Kami yakin ITS akan menjadi perguruan tinggi berkelas dunia dan dana abadi dapat dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya penuh harap.(HUMAS ITS)

 

Reporter: ion15

Berita Terkait