ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 November 2007, 08:11

Maritime Challenge Kembali Ukir Prestasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Suasana lelah masih tampak di markas Maritime Challenge (MC) ITS yang terletak di Gg Makam E/60 Keputih. Perlengkapan masih berserakan karena belum genap sehari setelah mereka kembali dari Situbondo. Wajah-wajah layu pun belum hilang sepenuhnya. Namun kegembiraan nampak terpancar berkat satu piala yang berhasil dibawa pulang. Semangat pun masih tersisa untuk sekedar menceritakan pengalaman menarik yang baru saja mereka lalui.

Tidak banyak waktu yang digunakan MC untuk mempersiapkan segalanya. Jangankan untuk latihan, mengkoordinasikan tim saja agak sedikit terkendala. "Maklum, undangan perlombaan datang sepekan sebelum hari H,” cerita Nanda Ahmad selaku kordinator tim yang juga ketua UKM MC ini. Akhirnya, mereka harus berangkat ke Sitobondo dengan anggota tim seadanya, dikarenakan banyak anggota yang lain sedang dalam masa UTS.

Perlombaan Nusantara Challenge 2007 secara khusus merupakan kompetisi dayung dengan menggunakan perahu tradisional atau sampan yang kemudian diberi nama Traditional Sailing Ship Competition. Kompetisi ini merupakan kegiatan berjenjang yang akan berkembang ke arah rancang Bangun Kapal dan Lomba Dayung Layar Tradisional.

Selain sebagai sarana pengembangan bakat dan minat dibidang olahraga bahari, kompetisi ini juga dihelat dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional 2007. Diharapkan dari kegiatan ini, mampu menumbuhkembangkan minat generasi muda dalam mencintai dan membudidayakan potensi bahari Indonesia.

Dalam kompetisi kali ini MC mengikuti seluruh kategori yang dilombakan, yaitu dayung dan Layar (road race), dayung (drag race), dan tarik tambang menggunakan perahu. Di kategori drag race MC berhasil menyabet juara 2 ditengah persaingan kuat dari tim-tim lain yang bertaraf nasional.

“Kendala kami di road race adalah komunikasi, mengingat belum padunya tim dengan pemandu yang disediakan panitia,” ungkap Nanda menyikapi kegagalannya di kategori dayung berlayar tersebut. Dari hasil tersebut, MC berhak mendapatkan trofi juara 2, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar tiga juta rupiah. (Zn/asa)

Berita Terkait