ITS News

Jumat, 27 September 2024
07 November 2007, 21:11

Persiapan KRI-KRCI 2008, PENS–ITS Gelar Workshop Robotika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Workshop ini dihadiri 52 peserta dari berbagai kota Indonesia. Di antaranya dari STT Telkom Bandung, STIKOM Jambi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), D3 Teknik Elektro UGM, Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sriwijaya Palembang. Bahkan ada peserta dari negara tetangga yang tidak mau ketinggalan yaitu mewakili IIUM Kuala Lumpur.

Para peserta tampak antusias mengikuti acara ini. Beberapa peserta KRI-KRCI 2007 dari beberapa universitas yang gagal dalam seleksi kontes robot juga terlihat hadir. Dengan mengikuti workshop ini mereka berharap dapat menciptakan robot yang lebih baik, bila perlu mampu mengalahkan PENS yang dari tahun ke tahun selalu mendominasi kejuaraan. Workshop ini telah diadakan dua kali berturut-turut oleh PENS ITS.

Pembantu Direktur I PENS ITS, Dr. Dadet Pramadihanto MEng, dalam sambutannya, mengungkapkan harapan pada dunia robotika nantinya tidak hanya berkecimpung dalam dunia industrti. ”Diharapkan ke depannya robot dapat hadir juga di tengah-tengah masyarakat mengingat dewasa ini peminat robotika semakin meningkat. Impian ke depannya robot akan menemani kita dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya optimis.

Penyaji materi dalam workshop kali ini di antaranya adalah Endra Pitowarno selaku Chief Executive Officer workshop. Endra juga menjadi pembimbing tim robot BECAK PENS yang pada tahun 2001 meraih juara satu dunia.(humas/asa)

Berita Terkait