ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
29 Maret 2021, 22:03

Langkah Tepat Membangun Bisnis bagi Mahasiswa

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Prita Taradevi Maudy Putri saat menerangkan tentang langkah tepat dalam membangun bisnis bagi mahasiswa.

Kampus ITS, ITS News – Tingginya minat mahasiswa untuk memulai bisnis sejak dini tidak dibarengi dengan rencana dan pengetahuan yang matang. Menanggapi hal itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan webinar bertajuk “Bussiness Insight Talks 1” membahas langkah membangun bisnis secara tepat saat masih menjadi mahasiswa.

Pemateri dalam acara ini, Prita Taradevi Maudy Putri, mengungkapkan bahwa hal yang terpenting dalam membangun bisnis yaitu kemampuan membaca peluang pasar. Caranya adalah dengan memikirkan produk atau layanan jasa yang diminati oleh banyak orang, tetapi kompetitornya masih sedikit. “Jika kompetitor banyak, sulit juga menarik konsumen tertarik pada produk dan jasa kita,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan mengenai tiga hal yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis bagi mahasiswa. Menciptakan ide bisnis yang ingin dijalankan, membuat rencana terstruktur dalam membangun bisnis, dan menentukan tujuan yang ingin dicapai setelah membangun bisnis. “Ketiga hal itu harus diperhatikan dengan baik agar bisnis berjalan sesuai harapan,” tambah alumnus Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Wanita yang juga berperan sebagai Business Development Analyst Shopee ini menambahkan bahwa mahasiswa yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis haruslah memilih jenis bisnis yang fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja. “Karena kegiatan mahasiswa itu sudah banyak, harus pintar dalam mengatur waktu,” ungkapnya.

Selain itu, rasa percaya diri dalam menjalankan bisnis juga merupakan sesuatu yang penting. Hal ini agar konsumen lebih percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Ia juga menyarankan untuk memulai bisnis sesuai dengan minat agar lebih nyaman dalam menjalaninnya. “Memiliki pemikiran kreatif dan terbuka dengan masukan juga sangat penting agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar,” terang wanita asal Jakarta ini.

Memperbanyak relasi turut berperan penting untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin luas relasi yang dimiliki, maka informasi mengenai bisnis yang dimiliki juga akan semakin mudah diketahui banyak orang. “Dan pastinya akan lebih banyak kemungkinan orang untuk tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : ion 5

Redaktur : Septian Chandra Susanto

Berita Terkait