ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Desember 2007, 19:12

ITS – SUN, galang kerjasama di bidang Teknologi Informasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Gedung Rektorat ITS – ITS On Line.Peresmian kerjasama yang di tandai dengan penandatanganan Nota Kerjasama antara Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD sebagai rector ITS dan Wibisono Gumulya, Presiden Direktur, PT Sun Microsystems Indonesia,  yang juga di hadiri oleh anggota senat ITS berlangsung cukup singkat

Nota kesepahaman yang di tulis dalam bahasa Inggris tersebut antara lain berisikan tentang latar belakang  di tandatanganinya MoU tersebut, yaitu untuk bersama mensukseskan pendidikan Indonesia terutama dalam bidang Teknologi Informasi.

SUN yang merupakan singkatan dari Standford University of network adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang network computing . Dalam sambutannya Wibi mengungkapkan bahwa SMI sangat peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia terutama dalam jenjang universitas karena  ternyata SUN sendiri didirikan oleh 4 mehasiswa yang berasal dari Stanford University.

SMI mencoba membuat suatu program di mana outputnya berupa lulusan – lulusan Perguruan tinggi yang siap pakai , dan dapat bersaing di dunia Global.SUN sendiri memilih ITS sebagai patner kerjasama kerana ITS di nilai mempunyai  nilai Kompetensi yang tinggi di bidang Teknologi Informasi, Lanjut Wibi

SMI akan bekerja sama untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai teknologi terkini termasuk teknologi open source kepada para mahasiswa ITS, seperti Java dan OpenSolaris.yang nantinya akan sangat berguna untuk pengembangan sisitem e-Learning yang diberikan ITS kepada para mahasiswanya.

 Atensi yang besar juga datang dari Rektor ITS.Dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa senangnya atas kerjasama ini. Bahkan dalam sambutannya Beliau menantang pihak SMI untuk turut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas Soft skill mahasisawa.tidak hanya Mahasiswa di jurusan Teknik informatika saja tapi juga mahasiswa – mahasiswa jurusan lainnya di ITS dalam bentuk dapat memberikan sertivikasi SMI bertaraf Internasional kepada Mahasiswa yang berkompeten dalam Network Computing.

Penandatanganan MoU ini juga berarti ITS masuk dalam jajaran Universitas yang tergabung dalam Sun Academic Initiative (SAI) dimana sudah ada beberapa universitas ternama yang tergabung di dalamnya.

Berita Terkait