ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Desember 2007, 11:12

Good bye software berlisensi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam seminar sukses berenterpreunersip dengan software open source ini, dihadiri oleh bapak Rusmanto, owner serta pimpinan redaksi majalah info linux sebagai pembicara. Dalam kesempatan ini, beliau tidak terlalu banyak menjelaskan tentang berenterprunersip dengan software open source, namun beliau lebih banyak menjelaskan tentang open source softwere, free softwere, dan softwere berlisensi. Dijelaskan juga manfaat serta keuntungan dari open source software. Bapak Rusmanto  Berpesan agar kita mulai membiasakan diri menggunakan software open source. Seminar yang dihadiri oleh sekitar seratus orang mahasiswa dan umum ini juga mendatangkan bapak Noor Hamzzam dari Radnet sebagai moderator.    

Seminar ini merupakan rangkaian acara dari FROST yang bertujuan untuk mempopulerkan serta memotivasi peserta, khusunya mahasiswa ITS untuk menggunakan software open source. Rangkaian acara yang bertajuk FROST ini diantaranya Seminar migrasi software berlisensi menuju software open source, Seminar pintar dengan software open source, dan workshop full open source warnet. Semua kegiatan berlangsung mulai 24  November hingga 15 Desember nanti.  

Diharapkan dengan penggunaan open source softwere ini bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan pembajakan softwere, karena tidak dipungkiri lagi, sebagaian besar dari softwere yang ada di Indonesia saat ini adalah softwere bajakan, termasuk juga sebagaian besar software yang digunakan mahasiswa ITS. Hal ini terjadi pasalnya untuk meperoleh lisensi penggunaan softwere, Microsoft misalnya, membutuhkan uang yang tidak sedikit, bisa jadi hargaya lebih mahal dari hardware. Terlebih lagi jika harus menggunakan software-software canggih seperti ansys, lisensinya bisa puluhan juta. Padahal pembajakan sendiri selain dilarang oleh Negara, juga diharamkan oleh agama.

Oleh karena itu saat ini dikampanyekan penggunaan open sourse software. Open source softwere memiliki banyak keuntungan jika dibandingkana dengan softwere yang menggunkan lisensi, karena dengan open source softwere kita bebas menggunakan, menyebarkan atau bahkan memodifikasi tanpa harus meminta izin ke pihak tertentu.Salah satu contoh  Open source softwere  adalah open office, yang saat ini telah digunakan oleh banyak warung internet. Untuk memperoleh open source softwere ini, kita cukup  download saja dari interner dan langsung dapat digunkanan di komputer anda.
      

Berita Terkait