ITS News

Jumat, 27 September 2024
08 Desember 2007, 14:12

14 Mahasiswa ITS Raih Beasiswa Asahi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut PR III ITS, Prof Dr Suasmoro DEA, mahasiswa ITS sangat terbantu dengan beasiswa semacam ini. ’’Jika dikalkulasi kebutuhan untuk per mahasiswa pertahun mencapai Rp 11 juta,’’ ujarnya seusai menghadiri acara pemberian beasiswa di gedung rektorat, Jumat (7/12) kemarin.

Dari jumlah ini, SPP dari mahasiswa hanya menutupi Rp 2,5 juta per mahasiswa per tahun. ’’Jumlah segitu saja sudah dirasakan berat oleh sejumlah orangtua mahasiswa,’’ lanjutnya.

Padahal idealnya untuk proses belajar mengajar di ITS membutuhkan Rp 20 juta per tahun per mahasiswa. Hanya saja hal itu belum dapat diwujudkan saat ini. Karenanya, Suasmoro sangat menghargai sokongan beasiswa semacam ini kepada para mahasiswa ITS. Apalagi jumlah mahasiswa ITS saat ini mencapai 15 ribu mahasiswa.

Dia juga berpesan kepada para mahasiswa untuk dapat menggunakan sebaik-baiknya beasiswa ini. Suasmoro menyatakan Asahi merupakan salah satu contoh perusahaan besar yang sukses di bidang glass. ’’Dan selama ini konsultan glass-nya selalu didatangkan dari luar negeri,’’ tambahnya.

Penyebab utamanya adalah belum adanya ahli konsultan glass Indonesia. ’’Ini jelas peluang besar untuk kita mempelajari glass,’’tambahnya. Apalagi, bahan baku glass yaitu pasir kwarsa sangat melimpah di Indonesia. ’’Bahan baku oke, hanya pewarnaan kita masih belum bisa buat karena tidak ada ahlinya,’’sambungnya.

Sementara itu, Untung Suharjo Kepala Bagian Umum PT Asahi Mas menyatakan senang masih dapat menjalin kerjasama dengan ITS. Sejak tahun 1997, Asahi Mas sudah rutin memberikan beasiswa kepada para mahasiswa ITS. ’’Mungkin jumlahnya memang masih sedikit. Tapi kami harapkan bisa sedikit membantu," tambahnya.

Untung juga berpesan agar para penerima beasiswa ini cepat menyelesaikan studinya. ’’Biar nanti beasiswanya bisa gantian sama adik-adik penerusnya,’’ tambahnya.

Saat ini, perusahaan yang memproduksi glass ini memang baru sebatas memberikan sokongan dana kepada para mahasiswa. Namun, Untung menegaskan pihaknya sangat membuka diri kepada para mahasiswa yang berkeinginan untuk kerja praktek ataupun melakukan penelitian skripsi di Asahi Mas. ’’silahkan datang berkunjung, kami punya prosedur untuk itu,’’ tambahnya.(humas/asa)

Berita Terkait